Bisanugas

5 Perbedaan Jurnal dan Artikel Ilmiah ! Anda Wajib Tahu

perbedaan jurnal dan artikel

Daftar Isi

Artikel dan Jurnal merupakan salah satu karya tulis yang kerap ditempuh sebagian mahasiswa untuk pemenuhan tugas kuliah. Perbedaan jurnal dan artikel bisa diketahui melalui beberapa aspek. Keduanya memang memiliki gaya penulisan yang bersifat memberikan edukasi terhadap masyarakat secara luas.

bisanugas konsultasi

Ragam Perbedaan Jurnal dan Artikel

Perbedaan jurnal dan artikel bisa dilihat melalui beberapa ciri-ciri baik dari tujuan penulisan hingga standarisasi. Untuk menemukan perbedaan keduanya, Anda bisa menyimak dari beberapa indikator. Berikut beberapa perbedaan antara jurnal dan artikel dilihat dari berbagai segi:

1. Tujuan

Tujuan penulisan artikel biasanya memberikan informasi kepada masyarakat secara luas terkait dengan topik-topik tertentu. Penulisan artikel bisa juga bertujuan untuk memaparkan opini dari pihak penulis disertai dengan sejumlah fakta. Artikel juga bisa mempengaruhi pihak lain sehingga penulisan harus pas.

Jika penulisan artikel bertujuan untuk memberikan informasi, justru jurnal ditulis dengan maksud menyajikan data hasil penelitian. Sebelum melakukan penulisan jurnal, seseorang diwajibkan untuk mencari sumber penelitian sesuai dengan topik yang akan ditulis dalam bentuk jurnal ilmiah.

2. Sumber

Perbedaan jurnal dan artikel juga terlihat pada sumber referensi. Artikel ditulis dengan memanfaatkan satu sumber referensi yang dapat diambil melalui website ataupun media lain. Paling tidak dalam penulisan artikel, Anda membutuhkan sekitar 3 sumber referensi yang relevan dan akurat.

Sedangkan penulisan jurnal membutuhkan banyak sumber referensi. Hal ini bertujuan agar penelitian yang dilakukan semakin akurat dan informasi detail. Untuk mengambil referensi yang akurat, Anda juga bisa memanfaatkan keberadaan jurnal internasional kemudian diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

3. Penulis

Setiap orang bisa menulis artikel dengan berbagai macam topik sesuai dengan keinginan. Bisa dikatakan bahwa semua orang boleh menulis artikel sesuai dengan keinginannya. Penulisan artikel cenderung membutuhkan waktu singkat lantaran tidak membutuhkan penelitian terhadap suatu topik bidang.

Sementara dalam menulis jurnal, orang tersebut harus menguasai atau ahli dalam bidang bersangkutan. Pasalnya dalam menulis jurnal tidak boleh sembarang dan harus berpacu pada penelitian maupun teori yang sudah dipelajari dalam bidang tertentu. Kebanyakan penulisan jurnal untuk pemenuhan tugas.

4. Prosedur Penerbitan

Perbedaan jurnal dan artikel juga terdapat pada prosedur penerbitan. Artikel tidak membutuhkan review dari pihak tertentu sebelum dipublikasikan. Sebelum dipublikasikan artikel hanya perlu dicek typo dan plagiasi. Langkah ini bertujuan untuk menghasilkan artikel berkualitas tinggi dan bermanfaat.

Dalam menerbitkan jurnal, seseorang harus melewati tahap review. Tahapan ini bertujuan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan jurnal yang dibuat. Dengan menempuh tahap review, jurnal Anda minim kesalahan. Setelah review selesai jurnal baru bisa dipublikasikan pada media yang telah terindeks.

5. Media Publikasi

Artikel bisa dipublikasikan dengan memakai berbagai media online mulai dari website hingga blok. Hal ini membuat penyebaran artikel cenderung merata dan mudah diakses oleh semua orang. Prosedur publikasi artikel pada media tertentu juga sangat mudah untuk ditempuh sehingga hasil cepat didapatkan.

Berbeda dengan artikel, untuk publikasi jurnal Anda harus memakai jurnal ilmiah terindeks. Bahkan sebelum dipublikasikan sebuah jurnal harus memenuhi standar tertentu. Hal ini bertujuan agar penulisan jurnal sudah sesuai dengan pedoman dan prosedur.

Jasa Pembuatan Jurnal dan Artikel Terbaik

Bagi Anda yang ingin jurnal dan artikel dan jurnal bisa menghubungi Kami. Kami berkomitmen dalam melayani permintaan pembuatan jurnal dan artikel. Layanan Kami juga berpacu pada perbedaan jurnal dan artikel. Berikut layanan terkait kedua karya ilmiah tersebut:

1. Pembuatan Jurnal Sesuai Standar

Perbedaan jurnal dan artikel terletak pada standarisasi penulisan. Hal ini juga Kami terapkan dalam memberikan pelayanan terhadap Anda. Kami berupaya untuk memenuhi seluruh standar jurnal sehingga bisa terpublikasi di jurnal terindeks. Saat membuat artikel, Kami juga memenuhi prosedur penulisan.

Pembuatan artikel dan jurnal yang sesuai pedoman maupun standar membuat hasil lebih berkualitas. Bahkan Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa mempublikasikan dua karya ilmiah tersebut. Selain berkomitmen memenuhi standar, Kami juga menjunjung tinggi kualitas pada tulisan untuk klien.

2. Pengambilan Sumber Referensi Relevan

Dalam membuat jurnal maupun artikel pasti membutuhkan sumber referensi. Dalam mengambil sumber referensi, Kami selalu memastikan bahwa sumber tersebut relevan. Hal ini membuat hasil tulisan artikel dan referensi cenderung berkualitas sehingga bermanfaat bagi semua orang.

Referensi yang Kami ambil untuk memenuhi permintaan pelanggan juga dari sumber terindeks. Hal ini tentu berpengaruh besar terhadap hasil yang diberikan. Setelah proses penulisan selesai, Kami juga akan melakukan evaluasi sebelum karya terpublikasi.

3. Pengecekan Orisinalitas

Dalam melakukan proses pembuatan artikel dan jurnal Kami juga menjunjung tinggi karya orisinil. Hal ini Kami upayakan dengan melakukan pengecekan setelah proses pembuatan artikel maupun jurnal selesai. Pengecekan ini bertujuan agar tidak ada unsur plagiasi pada karya tulis tersebut.

Pengecekan plagiasi ini memang bukan termasuk salah satu perbedaan jurnal dan artikel. Hanya saja alternatif ini bertujuan untuk menghormati hak cipta penulis lain dan mengupayakan kepuasan batin pelanggan setia.

4. Publikasi

Tidak hanya membantu penulisan jurnal dan artikel saja, Kami juga bisa membantu Anda dalam menempuh proses publikasi. Untuk karya ilmiah berupa jurnal, proses publikasi harus menempuh tahapan berupa review terlebih dahulu.

Setelah melewati berbagai prosedur mulai dari pengecekan plagiasi hingga review, Kami bisa langsung melakukan publikasi. Tahapan ini bisa dilakukan cepat jika seluruh pedoman penulisan terpenuhi dengan baik dan benar.

bisa nugas

Harga Jasa Pembuatan & Publikasi Jurnal


Pembuatan Jurnal (Bahasa Indonesia)

Rp. 400.000 – Rp.500.000 (Maksimal 20 Halaman)

Benefit

Turnitin 20 %

Referensi Tambahan Maksimal 30 Jurnal

File Referensi Dalam Bentuk ZIP / RAR

Revisi 4 Kali

Batas Revisi Maksimal 2 Bulan


Pembuatan Jurnal (Bahasa Inggris)

Rp. 750.000 – Rp.800.000 (Maksimal 20 Halaman)

Benefit

Turnitin 20 %

Report Grammarly 90%

Referensi Tambahan Maksimal 30 Jurnal

File Referensi Dalam Bentuk ZIP / RAR

Revisi 4 Kali

Batas Revisi Maksimal 2 Bulan


Publikasi Jurnal (Sinta 6,5,4, dan 3)

Rp. 500.000 – Rp. 2.000.000 (Tergantung Tingkatan SINTA)

** Khusus Publikasi Sebaiknya Order 2 Minggu Sebelum Deadline

Benefit

Terbit LoA 1-2 Minggu (Fast Track)

Perbedaan jurnal dan artikel bisa dilihat melalui berbagai segi. Untuk menulis artikel maupun jurnal, Anda harus memenuhi pedoman dan standar. Hal ini bertujuan agar hasil artikel dan jurnal memuaskan hati banyak orang.


 

Lihat layanan lainnya: Jasa Pembuatan JurnalJasa Publikasi JurnalJasa Pembuatan ArtikelJasa Pencarian Jurnal InternasionalJasa Cek Turnitin

Bagikan artikel :

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Lainnya

jasa pembuatan dan publikasi jurnal

bisanugas@gmail.com