Bisanugas

Tips & Cara menulis artikel jurnal sinta

cara menulis artikel jurnal SINTA

Daftar Isi

Halo semua, kamu sedang mencari Cara menulis artikel jurnal SINTA yang baik dan benar? sebelumnya kami informasikan dahulu, SINTA itu singkatan dari Sistem Informasi Sains dan Teknologi Indonesia, yang merupakan salah satu alat penting bagi kita semua di dunia akademis. SINTA ini layaknya Google tapi khusus untuk dunia penelitian dan karya ilmiah di Indonesia. Ia membantu kita menemukan berbagai artikel jurnal dan karya ilmiah yang telah diakui dan dipublikasikan oleh para peneliti dari seluruh Indonesia. Menarik, bukan?

Nah, bagi kamu yang berkecimpung di bidang penelitian atau sedang dalam proses belajar menjadi ilmuwan kawakan, menulis dan mempublikasikan artikel jurnal melalui SINTA itu penting banget. Kenapa? Karena selain menambah wawasanmu, ini juga bisa jadi bukti konkret dari kontribusi mu dalam ilmu pengetahuan. Ibunya kayak mengumpulkan ‘poin kemuliaan’ di dunia penelitian, gitu deh!

Artikel jurnal SINTA bisa membuka banyak pintu peluang; mulai dari peluang kerja, pendanaan riset, hingga rekanan kerja sama penelitian dari dalam dan luar negeri. Jadi, kalau artikelmu berhasil dipublikasikan di SINTA, itu sama saja dengan mengatakan “Halo dunia, lihat apa yang sudah aku buktikan!”

Tapi, nggak sembarang artikel bisa langsung jadi bintang di SINTA, loh. Ada cara khusus dan format tertentu yang harus kamu ikuti supaya tulisanmu diterima dan dibanggakan. Dari memilih topik yang kekinian, melakukan riset secara mendalam, sampai menulis dengan gaya yang sesuai dengan aturan-aturannya.

 

cara buat jurnal sinta dengan mudah

 

Panduan Menyusun & Cara Menulis Artikel Jurnal SINTA

Oke, setelah kita ngerti pentingnya berkontribusi ke dalam dunia ilmu pengetahuan melalui SINTA, saatnya kita ngomongin hal yang paling seru: cara menulis artikel jurnal yang bukan cuma bagus, tapi luar biasa! Ini bukan tentang menulis catatan harian atau update media sosial, ya. Menulis artikel jurnal itu seni tersendiri, ditambah sedikit bumbu strategi.

A. Memilih Topik

Pertama-tama, memilih topik itu seperti memilih outfit yang tepat untuk sebuah acara; kamu ingin tampil menarik dan pas! Fokuslah pada topik yang kamu suka dan kamu kuasai, tapi juga periksa apakah topik tersebut ‘lagi happening’ di dunia penelitian. Gunakan riset literatur untuk mengecek gap dalam penelitian yang sudah ada—ini bisa jadi jalanmu untuk memberikan kontribusi yang berarti.

B. Penelitian dan Pengumpulan Data

Sekarang kamu sudah punya topik, saatnya menjadi detektif. Penelitian dan pengumpulan data adalah jantungnya artikelmu. Approach yang teliti, penggunaan metodologi yang kuat, dan analisis yang cerdas akan membuat artikelmu tidak hanya informatif tapi juga meyakinkan. Catat sumbermu dengan baik untuk menghindari tuduhan plagiarisme—ini penting banget!

C. Penataan Artikel

Nah, sekarang kita sampai pada bagian mengatur semua informasi yang kamu kumpulkan menjadi sebuah artikel yang terstruktur. Biasanya, struktur artikel jurnal meliputi pendahuluan, metodologi, hasil, diskusi, dan kesimpulan. Usahakan menjaga alur agar pembaca tidak tersesat, dan jangan lupakan nilai estetika dari paragraf dan subjudul yang membantu pembaca mengikuti alur kisahmu.

D. Gaya dan Bahasa Penulisan

Gaya penulisanmu harus formal tapi tetap terbaca. Ini artinya, menggunakan bahasa ilmiah tanpa membuatnya terdengar seperti robot. Hindari jargon yang terlalu berat kecuali diperlukan. Ingat, kamu ingin pembaca merasa diperkaya dengan informasi, bukan diintimidasi! Dan yang tak kalah penting, perhatikan pedoman penulisan SINTA untuk memastikan artikelmu sesuai dengan ekspektasi mereka.

Mengapa Nulis dengan Keunggulan itu Penting?

Menulis artikel jurnal yang berbobot bukan cuma tentang prestise. Ini tentang menyumbangkan pengetahuan yang berguna dan relevan bagi banyak orang. Artikel jurnal SINTA yang bagus bisa mempengaruhi, menginspirasi, dan mengubah cara orang memandang sebuah masalah. Kamu punya kesempatan untuk memberikan dampak melalui kata-katamu.

Jadi, anggaplah penulisan ini sebagai misimu, untuk tidak hanya bersinar sebagai peneliti tapi juga sebagai pemberi kontribusi pengetahuan yang berharga. Dengan mengikut panduan ini, kamu di jalur yang tepat untuk membuat karyamu tidak hanya diterima di SINTA, tapi juga bisa dibanggakan.

 

Lihat Juga: Jasa pembuatan jurnal

 

Proses Pengajuan Artikel Jurnal SINTA

Setelah melewati proses panjang penelitian dan penulisan, akhirnya artikelmu siap untuk dibagikan ke dunia. Memublikasikan artikel di SINTA merupakan salah satu momen paling penting dalam perjalanan seorang peneliti, apalagi bagi pemula. Mengajukan artikelmu mungkin terdengar menakutkan, tetapi tenang saja! Kami akan memandumu melalui tiap langkah agar proses ini menjadi lebih mudah dan jelas. Let’s dive in!

Langkah 1: Finalisasi Artikelmu

Sebelum mengajukan, pastikan artikelmu telah sempurna. Ini termasuk pengecekan ulang terhadap isi, struktur, format sesuai dengan panduan penulisan jurnal SINTA, dan pemastian bahwa tidak ada kesalahan tipografis. Sangat disarankan untuk mendapatkan masukan dari rekan sesama peneliti atau mentor untuk mendapatkan perspektif lain.

Langkah 2: Memilih Jurnal yang Ada di SINTA

SINTA mensyaratkan setiap artikel harus diajukan ke salah satu jurnal yang terindeks di dalamnya. Lakukan penelitian mendalam tentang jurnal targetmu—perhatikan skor SINTA jurnal (semakin rendah angkanya, semakin prestisius), fokus dan lingkup jurnal, serta tingkat penerimaan artikel. Dengan begitu, kamu bisa memilih jurnal yang paling cocok dengan artikelmu.

Langkah 3: Siapkan Semua Dokumen yang Diperlukan

Selain artikel itu sendiri, setiap jurnal mungkin memiliki kebutuhan dokumentasi tambahan seperti form pengajuan, pernyataan keaslian artikel, dan biodata penulis. Pastikan kamu telah mempersiapkan semua ini sebelum mengajukan.

Langkah 4: Pengajuan Artikel

Proses pengajuan biasanya dilakukan secara online melalui website resmi jurnal target. Tapi sebelumnya, ada baiknya kamu membaca panduan atau FAQ di situs jurnal tersebut untuk mengetahui prosedur spesifik mereka. Proses upload dokumen biasa cukup mudah diikuti—ikuti saja langkah yang disediakan oleh situs.

Langkah 5: Proses Review

Setelah artikel di-submit, akan ada proses review oleh editor dan peer reviewer jurnal. Ini adalah tahapan yang paling mendebarkan karena artikelmu akan dinilai oleh para ahli di bidangmu. Dalam proses ini, bersiaplah untuk menerima feedback dan, jika perlu, melakukan revisi atas artikelmu.

Langkah 6: Kesabaran adalah Kunci

Proses review bisa memakan waktu, terkadang beberapa bulan. Jadi, sabar adalah hal yang sangat penting dalam tahap ini. Gunakan waktumu untuk terus meneliti atau menulis artikel berikutnya.

Langkah 7: Respons dan Revisi

Jika review selesai, kamu akan menerima notifikasi—baik itu penerimaan, penolakan, atau permintaan revisi. Jika diminta untuk revisi, pastikan kamu menanggapi semua komentar dan masukan dengan seksama. Ini adalah kesempatanmu untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas artikelmu.

Langkah 8: Publikasi

Selamat, artikelmu berhasil diterbitkan! Ini bukan hanya pencapaian besar untukmu secara personal, tetapi juga kontribusi penting bagi komunitas ilmiah.

Ingat, setiap artikel yang berhasil diterbitkan adalah batu loncatan untuk riset berikutnya. Proses pengajuan di SINTA mungkin terlihat menakutkan di awal, tetapi setiap langkahnya dirancang untuk memastikan bahwa hanya karya-karya terbaik yang bisa menjangkau audiens luas.

 

Jasa pembuatan jurnal sinta

 

Tips untuk Keberhasilan Publikasi

Keberhasilan publikasi artikel ilmiahmu di jurnal yang terindeks SINTA tak hanya bergantung pada kualitas risetmu, tapi juga pada pemahamanmu tentang format artikel yang diminta. Menguasai format ini esensial untuk memastikan artikelmu melewati proses review dan akhirnya diterbitkan. Berikut adalah beberapa tip yang akan membantu kamu menguasai format artikel jurnal SINTA, meningkatkan peluang keberhasilan publikasi artikelmu.

Memahami Panduan Penulisan Spesifik Jurnal

Masing-masing jurnal terindeks SINTA memiliki panduan penulisan tersendiri. Panduan ini mencakup struktur artikel, cara pengutipan, batasan jumlah kata, bahkan tipografi yang harus digunakan. Sebelum memulai penulisan, investasikan waktumu untuk membaca dan memahami panduan ini secara mendalam. Hal ini akan membantu mengurangi kemungkinan artikelmu ditolak karena masalah format.

Menjaga Struktur Artikel yang Logis dan Konsisten

Umumnya, artikel jurnal ilmiah mengikuti struktur IMRaD (Pendahuluan, Metodologi, Hasil, dan Diskusi). Pastikan setiap bagian dari artikelmu jelas dan informatif. Pendahuluan harus menyediakan konteks dan menjelaskan pentingnya risetmu. Metodologi harus cukup detail sehingga eksperimenmu dapat direplikasi. Hasil harus disajikan dengan jelas, diikuti dengan diskusi yang mengeksplorasi implikasi hasil tersebut. Kesimpulan akhir harus merangkum temuan utama dan menyarankan arah riset selanjutnya.

Mengikuti Gaya Pengutipan dengan Benar

Salah satu elemen paling penting dalam format artikel jurnal adalah gaya pengutipan. Jurnal berbeda bisa meminta format pengutipan yang berbeda seperti APA, MLA, atau Chicago. Kesalahan dalam pengutipan bisa menyebabkan artikelmu ditolak atau diminta revisi. Gunakan perangkat lunak manajemen referensi seperti Mendeley atau Zotero untuk membantumu menyimpan dan mengutip sumber secara akurat.

Bahasa dan Kualitas Penulisan

Artikel jurnal seringkali ditulis dalam Bahasa Inggris untuk menjangkau audience internasional yang lebih luas. Pastikan penggunaan bahasamu jelas, padat, dan tanpa ambiguitas. Pertimbangkan untuk mendapatkan bantuan dari penutur asli atau layanan proofreading profesional jika bahasa bukan kompetensi terkuatmu.

Utilisasi Ilustrasi dan Tabel

Ilustrasi, grafik, dan tabel dapat sangat membantu dalam menjelaskan hasil risetmu. Pastikan setiap elemen visual ini jelas, rapi, dan sesuai dengan format yang diminta oleh jurnal. Juga, jangan lupakan untuk memberikan judul dan penjelasan (caption) yang informatif untuk setiap ilustrasi atau tabel.

Latihan dan Evaluasi Peer

Sebelum pengajuan, ada baiknya artikelmu dievaluasi oleh rekan sesamamu atau mentor. Mendapatkan feedback dari mereka bisa memberikan perspektif baru, menunjukkan kelemahan yang mungkin belum kamu sadari, dan meningkatkan kualitas artikel secara keseluruhan.

Mengikuti tip-tip ini tidak hanya akan meningkatkan peluangmu untuk berhasil diterbitkan di jurnal SINTA, tapi juga akan mengembangkan kemampuan penulisanmu secara umum. Ingat, setiap usaha yang kamu lakukan adalah investasi dalam karirmu sebagai peneliti.

 

Tips untuk Meningkatkan Artikel Jurnal SINTA

Publikasi dalam jurnal yang terindeks SINTA adalah pencapaian penting bagi peneliti di Indonesia. Namun, proses untuk mencapai publikasi tersebut bisa sangat kompetitif. Untuk memastikan artikel jurnal Anda tidak hanya diterima namun juga mempunyai dampak yang signifikan, berikut adalah beberapa tip untuk meningkatkan kualitas tulisan akademik Anda.

Fokus kepada Penelitian yang Relevan dan Innovatif

Penelitian yang baik adalah dasar dari artikel jurnal yang berkualitas. Pastikan riset Anda tidak hanya relevan dengan isu terkini dalam bidang studi Anda, tapi juga menawarkan perspektif atau temuan yang innovatif. Lakukan review literatur yang komprehensif untuk memastikan Anda membangun pekerjaan atas apa yang sudah diketahui dan mengidentifikasi celah penelitian yang dapat Anda isi.

Kuasai Penulisan Akademik

Penulisan akademik memiliki ciri khas yang berbeda dengan bentuk penulisan lainnya. Kemampuan untuk menyampaikan ide secara jelas, ringkas, dan logis sangatlah penting. Gunakan bahasa yang formal tapi tetap mudah dipahami. Hindari jargon yang tidak perlu kecuali jika benar-benar diperlukan dan selalu definisikan istilah spesifik diawal penggunaannya.

Perhatikan Metodologi Penelitian

Metodologi adalah salah satu aspek krusial yang sering dilihat oleh reviewer jurnal. Pastikan Anda menggunakan metodologi yang tepat untuk jenis penelitian Anda dan menjelaskannya dengan detail. Hal ini tidak hanya membantu pembaca memahami bagaimana penelitian dilakukan, tapi juga memperkuat validitas temuan Anda.

Sertakan Analisis Data yang Kuat

Data dan bagaimana Anda menganalisisnya dapat membuat atau menghancurkan artikel Anda. Utilisasi teknik analisis data yang sesuai dan presentasikan temuan Anda dengan jelas. Jangan lupa untuk mendiskusikan implikasi dari data tersebut secara mendalam.

Persiapan Peer Review

Sebelum mengirimkan artikel Anda, sangat berguna untuk mendapatkan feedback dari kolega atau mentor yang paham dengan bidang Anda. Feedback ini dapat membantu Anda menangkap kesalahan atau kelemahan dalam argumentasi yang mungkin tidak Anda sadari sebelumnya.

Pahami Pedoman Publikasi Jurnal

Setiap jurnal memiliki pedoman publikasi yang spesifik. Mempelajari dan memahami pedoman ini sangat penting untuk memastikan artikel Anda sesuai dengan format dan requirement dari jurnal terkait. Hal ini memperkecil peluang penolakan karena alasan teknis.

Jangan Menyerah Pada Revisi

Proses peer review bisa menjadi panjang dan kadang-kadang frustasi. Jangan cepat menyerah dengan komentar atau kritik dari reviewer. Gunakanlah ini sebagai kesempatan untuk memperkuat artikel Anda. Revisi memang bagian dari proses dan seringkali membuat artikel Anda lebih baik.

 

Lihat detail layanan kami: Jasa parafrase jurnal

 

Tools & Aplikasi untuk Penulisan Artikel Jurnal yang Direkomendasikan

Navigasi melalui sistem Sistem Informasi Sains dan Teknologi Indonesia (SINTA) dan proses penulisan artikel jurnal dapat menjadi lebih efisien dan efektif dengan menggunakan alat dan aplikasi khusus. Dalam dunia akademis yang cepat ini, penguasaan akan tool dan aplikasi ini sangat penting untuk menghasilkan artikel berkualitas tinggi yang siap publikasi. Pada bagian ini, kita akan membahas berbagai tool dan aplikasi yang dapat membantu Anda menulis artikel jurnal SINTA dengan sempurna.

Aplikasi Manajemen Referensi

  • Mendeley: Mendeley adalah salah satu tool manajemen referensi terpopuler. Aplikasi ini membantu Anda mengatur sumber literatur, membuat daftar pustaka secara otomatis, dan menyisipkan sitasi saat menulis.
  • Zotero: Aplikasi lain yang serupa, menyediakan kemampuan penyimpanan referensi yang sangat baik. Dengan antarmuka yang user-friendly, Zotero memudahkan peneliti untuk mengoleksi, mengatur, dan mengutip penelitian mereka.

Pemeriksaan Plagiarisme

  • Turnitin: Layanan ini digunakan secara luas oleh institusi pendidikan untuk mencegah plagiarisme. Dengan mengunggah artikel ke Turnitin, Anda dapat memastikan keaslian karya Anda.
  • Grammarly: Selain pengecekan tata bahasa, Grammarly juga menawarkan fitur pengecekan plagiarisme yang baik untuk memastikan karya Anda bebas dari kesamaan tidak sengaja dengan karya lain.

Perangkat Lunak Pengolah Kata

  • Microsoft Word: Sangat umum digunakan dan cocok untuk kebanyakan proses penulisan. Dilengkapi dengan fitur yang mendukung format penulisan jurnal, seperti gaya dan sitasi.
  • LaTeX: Sistem preparasi dokumen yang khusus untuk dokumentasi teknis dan ilmiah. LaTeX sangat berguna dalam menangani dokumen yang berisi banyak rumus matematika.

Aplikasi Statistik dan Analisis Data

  • SPSS: Software yang sangat populer untuk analisis statistik dalam penelitian ilmiah. Memiliki antarmuka yang ramah pengguna dan menyediakan berbagai alat analitis untuk data penelitian.
  • R: Sebuah lingkungan program yang specialized untuk analisis statistik dan penghasilan grafis. Bagus untuk penelitian yang membutuhkan analisis statistik yang lebih canggih.

Alat untuk Visualisasi Data

  • Tableau: Aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat visualisasi data yang menarik dengan cara yang intuitif dan interaktif.
  • Microsoft Excel: Meskipun terkesan sederhana, Excel memiliki kemampuan yang sangat baik dalam memvisualisasikan data melalui grafik dan chart yang bervariasi.

Tool untuk Kolaborasi Online

  • Google Docs: Sangat efektif untuk kerja sama penulisan artikel secara real-time. Semua pengguna yang berkolaborasi dapat melihat pengeditan yang dilakukan oleh orang lain secara langsung.
  • Overleaf: Platform berbasis LaTeX yang memungkinkan kolaborasi secara simultan dan memiliki integrasi penuh dengan sistem penyimpanan referensi seperti Mendeley dan Zotero.

Menguasai tool dan aplikasi ini memerlukan investasi waktu dan kesabaran, namun hasilnya sangat berharga. Dengan kombinasi alat yang kuat ini, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam penulisan dan penelitian Anda, menjadikan Anda seorang profesional dalam navigasi SINTA dan publikasi artikel jurnal yang sempurna.

 

Kesimpulan

Menavigasi dunia penulisan artikel jurnal SINTA adalah sebuah perjalanan akademis yang memerlukan pemahaman mendalam terhadap standar SINTA, pemanfaatan berbagai alat dan aplikasi untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas penulisan, serta pentingnya mempertahankan konten yang berkualitas dan orisinal. Kolaborasi, persistensi, dan pandangan terbuka terhadap proses peninjauan dapat memperkaya pengalaman dan meningkatkan peluang sukses publikasi. Ingatlah bahwa setiap tantangan dan penolakan merupakan kesempatan untuk belajar dan tumbuh. Dengan kesabaran dan tekad, perjalanan penulisan ini akan membawa peningkatan personal dan profesional yang signifikan, serta kontribusi penting terhadap dunia ilmiah.

Bagikan artikel :

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Lainnya

jasa pembuatan dan publikasi jurnal

bisanugas@gmail.com