Bisanugas

Cara Cek Jurnal SINTA & Tips Memilih Jurnal Sinta yang Tepat

cara cek jurnal SINTA

Daftar Isi

SINTA (Science and Technology Index) merupakan portal yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Sebelum menjelaskan bagaimana cara cek jurnal SINTA sebaiknya kita harus paham dulu sejarah singkatnya, SINTA dikelola oleh Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemendikbud. Sejak merger Kemendikbud dan Kemenristek pada tahun 2021, pengelolaan SINTA di bawah naungan Kemendikbudristek.

SINTA berfungsi untuk:

  • Memperingkat jurnal ilmiah di Indonesia berdasarkan skema penilaian yang komprehensif.
  • Memetakan kekuatan dan kelemahan penelitian di Indonesia.
  • Membantu peneliti dan akademisi dalam menemukan jurnal yang tepat untuk publikasi.

SINTA dapat diakses melalui website berikut: https://sinta.kemdikbud.go.id/

Informasi tambahan:

  • SINTA menggunakan beberapa indikator untuk menilai jurnal, seperti jumlah publikasi, sitasi, dan kualitas artikel.
  • Jurnal Sinta diklasifikasikan ke dalam 6 kategori, yaitu SINTA 1, SINTA 2, SINTA 3, SINTA 4, SINTA 5, dan SINTA 6 (baca: Pahami 6 Tingkatan SINTA).
  • SINTA 1 adalah kategori tertinggi untuk jurnal ilmiah di Indonesia.

Tujuan utama dari Sinta adalah untuk memberikan informasi yang akurat dan terpercaya tentang kualitas berbagai jurnal, serta untuk memfasilitasi peneliti dalam mencari dan memilih jurnal terakreditasi untuk publikasi penelitian mereka. Sinta mengkategorikan jurnal-jurnal tersebut berdasarkan kualitas dan dampaknya, dengan menggunakan sejumlah kriteria evaluasi seperti kualitas penelaahan, produktivitas, visibilitas, dan sebagainya.

Menyusun dan mempublikasikan penelitian yang berkualitas dalam jurnal yang tepat dan bermutu merupakan kunci sukses dalam karir akademis. Hal ini tidak hanya dapat membantu peneliti mencapai pengakuan dalam komunitas ilmiah, tetapi juga membantu menyebarluaskan pengetahuan dan hasil penelitian untuk kebaikan yang lebih luas.

Oleh karena itu, memahami cara melakukan pengecekan jurnal di Sinta dan memilih jurnal yang tepat untuk publikasi sangat penting. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara cek jurnal di Sinta dan beberapa tips penting untuk memilih jurnal yang tepat dan sesuai untuk publikasi penelitian Anda.

 

Cara Cek Jurnal SINTA

Langkah-langkah Cek Jurnal

Langkah 1: Mengakses Situs Sinta

Pertama, buka browser web Anda (bisa pakai google chrome, Microsoft Edge, dan browser yang anda miliki) dan kunjungi situs resmi Sinta, yang dapat dicapai dengan mengetik “https://sinta.kemdikbud.go.id/” di bilah alamat browser Anda. Situs ini adalah portal utama dimana Anda dapat mencari dan mengecek data berbagai jurnal.

halaman utama sinta

Langkah 2: Melakukan Pencarian Jurnal

Setelah masuk ke situs Sinta, Anda akan melihat kolom pencarian di bagian atas halaman. Masukkan nama atau judul jurnal yang ingin Anda cek. Misalnya, jika Anda mencari jurnal tentang biologi, Anda dapat mengetikkan “biologi” di kolom pencarian.

halaman pencarian SINTA

Langkah 3: Meninjau Hasil Pencarian

Setelah Anda menekan tombol enter atau klik icon pencarian, situs akan memberikan daftar jurnal yang sesuai dengan kata kunci yang Anda masukkan. Di sini, Anda dapat melihat daftar jurnal dengan berbagai informasi seperti nama jurnal, penerbit, dan tingkat akreditasi.

DETAIL INFORMASI SINTA

Klik pada judul jurnal untuk mengakses informasi lebih lanjut tentang jurnal tersebut. Anda akan diarahkan ke sebuah halaman yang berisi detail lengkap tentang jurnal, seperti faktor dampak, indeksasi, ISSN, bidang keilmuan, dan lainnya.

Setiap jurnal pada Sinta diberi peringkat berdasarkan akreditasi dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Akreditasi ini penting karena menunjukkan standar kualitas jurnal tersebut.

 

Menemukan Jurnal Berdasarkan Kategori Subjek

Dalam proses penelitian, menemukan jurnal yang tepat untuk publikasi sangat penting. Salah satu cara efektif untuk mencari jurnal yang relevan dengan topik penelitian Anda adalah dengan menelusurinya berdasarkan kategori subjek. Sinta menyediakan fitur yang memudahkan proses ini, yaitu ‘Browse by Subject’. Berikut cara menggunakan fitur tersebut:

  1. Akses Fitur ‘Browse by Subject: Setelah Anda memasuki situs Sinta, cari dan klik opsi atau tab yang bertuliskan ‘Browse by Subject’ atau terkait. Fitur ini biasanya mudah ditemukan pada halaman utama atau dalam menu navigasi situs.
  2. Pilih Kategori Subjek: Anda akan diarahkan ke halaman yang menampilkan daftar luas subjek atau bidang penelitian. Kategori-kategori ini mencakup berbagai disiplin ilmu, mulai dari ilmu sosial, ilmu alam, teknologi, kedokteran, dan banyak lagi.
  3. Jelajahi Daftar Jurnal: Setelah memilih kategori yang sesuai dengan fokus penelitian Anda, Sinta akan menyajikan daftar jurnal yang terkait dengan kategori tersebut. Informasi yang disajikan mencakup nama jurnal, singkatan, penerbit, dan peringkat atau level akreditasi. Informasi ini akan membantu Anda dalam mengevaluasi kelayakan dan relevansi jurnal tersebut untuk penelitian Anda.
  4. Evaluasi dan Pilih Jurnal: Melalui daftar yang disediakan, Anda dapat mengklik nama jurnal untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentangnya. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengeksplorasi lebih jauh tentang ruang lingkup jurnal, fokus dan cakupan, persyaratan pengiriman artikel, dan faktor penting lainnya. Evaluasi ini penting untuk memastikan bahwa jurnal yang Anda pilih akan memberikan dampak yang signifikan terhadap penelitian Anda dan memastikan publikasi yang sukses.

Melalui proses ini, Sinta membantu peneliti dengan menyediakan platform yang memudahkan pencarian jurnal berdasarkan subjek atau standar disiplin penelitian, sehingga membantu mempersempit pencarian dan mendorong keberhasilan publikasi penelitian.

 

Gunakan filter untuk lebih mempersempit pencarian

Menggunakan filter dalam pencarian jurnal Sinta dapat memberikan dampak signifikan dalam mempersempit dan mempercepat proses pencarian Anda. Berikut adalah langkah-langkah tentang bagaimana menggunakan filter dalam pencarian jurnal Sinta:

  1. Kunjungi situs web Sinta dan navigasikan ke halaman pencarian.
  2. Di halaman pencarian ini, Anda akan melihat beberapa opsi filter di bagian samping kiri layar Anda. Filter ini bisa berupa kategori, tahun publikasi, bahasa, wilayah, dan sebagainya.
  3. Mulai gunakan filter berdasarkan preferensi Anda. Misalnya, jika Anda mencari jurnal dalam bidang ilmu spesifik, klik pada dropdown ‘Kategori’ atau ‘Bidang Studi’ dan pilih bidang yang relevan.
  4. Anda juga bisa memfilter berdasarkan tahun publikasi untuk mencari jurnal-jurnal yang terbit dalam jangka waktu tertentu.
  5. Jika Anda mencari jurnal dalam suatu bahasa tertentu, gunakan filter ‘Bahasa’ untuk menyeleksi jurnal-jurnal yang menggunakan bahasa tersebut.
  6. Setelah menetapkan filter sesuai yang Anda inginkan, klik tombol ‘Terapkan’ atau ‘Apply’. Halaman akan segera memperbarui dan menampilkan hasil pencarian yang telah difilter sesuai kriteria Anda.

 

Tips Memilih Jurnal Sinta yang Tepat

Memilih jurnal yang tepat untuk publikasi karya ilmiah merupakan langkah krusial bagi peneliti dan akademisi. Dengan adanya platform Sinta, proses ini menjadi lebih mudah. Berikut adalah beberapa tips penting untuk memilih Jurnal Sinta yang sesuai untuk publikasi Anda, serta faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan:

1. Kesesuaian Bidang dan Spesialisasi

Pertama dan terpenting, pastikan jurnal yang Anda pilih sesuai dengan bidang dan spesialisasi penelitian Anda. Penggunaan database Sinta memudahkan pencarian jurnal berdasarkan kategori spesifik, memungkinkan Anda mencari jurnal yang paling relevan dengan topik penelitian Anda.

2. Skor Akreditasi dan Reputasi Jurnal

Periksa skor akreditasi dan reputasi jurnal dalam Sinta untuk memastikan bahwa jurnal tersebut diakui dan dihargai dalam komunitas ilmiah. Jurnal dengan skor Sinta yang lebih tinggi sering kali memiliki standar yang lebih ketat, tetapi juga memberikan prestise lebih bagi penulis.

3. Persyaratan dan Kebijakan Penulis

Baca dengan cermat pedoman penulis dan kebijakan jurnal. Pastikan Anda memahami semua persyaratan, seperti format penulisan, batas kata, dan kebijakan etika publikasi.

4. Waktu Terbit dan Frekuensi Publikasi

Pertimbangkan jadwal terbit dan frekuensi publikasi jurnal. Jika Anda berharap karya ilmiah Anda diterbitkan dalam waktu tertentu, pastikan jurnal tersebut memiliki jadwal terbit yang sesuai dengan timeline penelitian Anda.

5. Analisa Kutipan dan Dampak Penelitian

Lihat seberapa sering artikel dalam jurnal tersebut dikutip. Jurnal dengan tingkat kutipan tinggi menunjukkan bahwa karya yang dipublikasikan berdampak signifikan dalam bidangnya.

Selain tips di atas, perlu dicatat bahwa kami menyediakan jasa pembuatan jurnal dan juga publikasi jurnal baik nasional maupun internasional. Layanan kami dapat membantu Anda dalam mempersiapkan artikel agar memenuhi standar publikasi yang tinggi dan memandu Anda melalui proses publikasi, mulai dari pemilihan jurnal yang strategis hingga penanganan proses review. Dengan pengalaman kami, komitmen kami adalah memastikan bahwa penelitian Anda mendapatkan tempat dan pengakuan yang layak di dunia akademis.

kontak kami

Bagikan artikel :

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Lainnya

jasa pembuatan dan publikasi jurnal

bisanugas@gmail.com