Bisanugas

Cara Membuat Artikel Jurnal dari Skripsi

Cara Membuat Artikel Jurnal Dari Skripsi

Daftar Isi

Cara membuat artikel jurnal dari skripsi serta mempublikasikannya merupakan langkah krusial dalam menyebarkan pengetahuan baru dan memajukan berbagai bidang ilmu. Hal ini memungkinkan para peneliti untuk berbagi temuan, metodologi, dan kesimpulan penelitian mereka dengan komunitas ilmiah yang lebih luas, mendorong kolaborasi, diskusi, dan pertukaran ide yang memicu inovasi dan penemuan baru.

Publikasi artikel jurnal memberikan manfaat penting bagi para peneliti, seperti meningkatkan kredibilitas dan reputasi, memperluas jangkauan penelitian, mendukung kemajuan karir, dan kelanjutan penelitian.

Namun, proses mengolah skripsi menjadi artikel jurnal dapat menjadi tantangan bagi para peneliti muda. Perbedaan format dan gaya, struktur artikel yang kompleks, persyaratan metodologi yang lebih ketat, dan tingkat persaingan yang tinggi menjadi beberapa hambatan yang umum dihadapi.

Meskipun demikian, dengan persiapan yang matang, panduan yang tepat para peneliti dapat mengatasi tantangan ini dan menghasilkan artikel jurnal yang berkualitas dan siap terbit.

skripsi-jurnal

 

 

Pentingnya Publikasi Hasil Skripsi dalam Bentuk Artikel Jurnal

Publikasi hasil penelitian dalam bentuk artikel jurnal merupakan langkah penting dalam menyebarkan pengetahuan baru dan memajukan berbagai bidang ilmu. Artikel jurnal yang berkualitas memungkinkan para peneliti untuk berbagi temuan, metodologi, dan kesimpulan penelitian mereka dengan komunitas ilmiah yang lebih luas. Hal ini membuka peluang untuk kolaborasi, diskusi, dan pertukaran ide yang dapat memicu inovasi dan penemuan baru.

Publikasi artikel jurnal juga memberikan beberapa manfaat penting bagi para peneliti:

  1. Meningkatkan kredibilitas dan reputasi: Publikasi di jurnal ilmiah ternama menunjukkan keahlian dan kontribusi peneliti dalam bidangnya, meningkatkan kredibilitas mereka di komunitas ilmiah.
  2. Memperluas jangkauan penelitian: Artikel jurnal yang diterbitkan dapat diakses oleh para peneliti, akademisi, dan praktisi di seluruh dunia, memungkinkan temuan penelitian menjangkau audiens yang lebih luas.
  3. Mendukung kemajuan karir: Publikasi artikel jurnal menjadi salah satu indikator penting dalam penilaian kinerja dan promosi akademik.
  4. Mendukung kelanjutan penelitian: Publikasi hasil penelitian dapat menarik minat pendanaan penelitian dan membuka peluang kolaborasi dengan peneliti lain.

 

Baca juga: Cara Mengubah Skripsi Menjadi Jurnal Ilmiah

 

Tantangan dalam Mengubah Skripsi Menjadi Artikel Jurnal

Meskipun publikasi hasil penelitian dalam bentuk artikel jurnal memiliki banyak manfaat, proses mengolah skripsi menjadi artikel jurnal dapat menjadi tantangan bagi para peneliti muda. Beberapa tantangan yang umum dihadapi adalah:

  1. Perbedaan format dan gaya: Skripsi dan artikel jurnal memiliki format dan gaya penulisan yang berbeda. Peneliti perlu memahami pedoman gaya dan format jurnal yang dituju dan menyesuaikan isi skripsi agar sesuai dengan standar tersebut.
  2. Struktur artikel yang kompleks: Struktur artikel jurnal umumnya lebih kompleks dan terstruktur dibandingkan skripsi. Peneliti perlu memahami struktur artikel jurnal yang benar dan menyusun isi skripsi sesuai dengan struktur tersebut.
  3. Persyaratan metodologi yang lebih ketat: Artikel jurnal ilmiah memerlukan metodologi yang jelas, terukur, dan dapat diulang. Peneliti perlu memastikan bahwa metodologi penelitian mereka dijelaskan secara rinci dan sesuai dengan standar ilmiah.
  4. Tingkat persaingan yang tinggi: Proses review artikel jurnal umumnya kompetitif, dengan tingkat penerimaan yang rendah. Peneliti perlu memastikan bahwa artikel mereka ditulis dengan baik, original, dan memiliki kontribusi yang signifikan terhadap bidang ilmu.

Konversi Skripsi Menjadi Artikel Jurnal ilmiaih

 

Memilih Publisher Jurnal yang Tepat

Memilih jurnal yang tepat untuk mempublikasikan hasil penelitian merupakan langkah penting dalam proses konversi skripsi menjadi artikel jurnal. Jurnal yang tepat akan membantu hasil penelitian Anda menjangkau audiens yang tepat dan meningkatkan peluang untuk diterima. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih jurnal:

Tema dan Metodologi Penelitian

Pastikan jurnal yang Anda pilih memiliki fokus penelitian yang sesuai dengan tema dan metodologi penelitian Anda. Hal ini akan meningkatkan relevansi artikel Anda dengan jurnal dan meningkatkan peluang untuk diterima.

Reputasi dan Tingkat Akreditasi Jurnal

Pilihlah jurnal yang memiliki reputasi baik dan tingkat akreditasi yang tinggi. Jurnal dengan reputasi baik dan tingkat akreditasi tinggi umumnya memiliki proses review yang lebih ketat dan publikasinya lebih dihargai oleh komunitas ilmiah.

Target Audiens Jurnal

Pertimbangkan target audiens jurnal yang Anda pilih. Apakah jurnal tersebut ditujukan untuk para peneliti di bidang Anda, praktisi di industri terkait, atau masyarakat umum? Memilih jurnal dengan target audiens yang tepat akan memastikan bahwa hasil penelitian Anda menjangkau orang-orang yang paling berkepentingan.

Pedoman Gaya dan Format Jurnal

Bacalah dengan cermat pedoman gaya dan format jurnal yang Anda pilih. Pastikan Anda memahami dan dapat memenuhi semua persyaratan jurnal, termasuk gaya penulisan, format halaman, penataan sitasi dan referensi, dan penggunaan gambar dan tabel.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk memilih jurnal yang tepat:

  • Cari jurnal yang relevan dengan penelitian Anda.
  • Lihat daftar dewan editorial jurnal untuk mengetahui keahlian mereka.
  • Periksa tingkat penerimaan jurnal.
  • Tanyakan kepada dosen pembimbing atau pakar di bidang penelitian Anda untuk mendapatkan rekomendasi jurnal.

 

Cara Menemukan Jurnal yang Tepat Untuk Penenlitian Anda

Setelah memahami faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih jurnal yang tepat, langkah selanjutnya adalah menemukan jurnal yang sesuai dengan kriteria tersebut. Berikut adalah beberapa cara untuk menemukan jurnal yang tepat:

1. Menggunakan Database Jurnal Akademik

Manfaatkan database jurnal akademik online seperti JSTOR, EBSCOhost, dan ScienceDirect untuk mencari jurnal di bidang penelitian Anda. Database ini memungkinkan Anda untuk mencari jurnal berdasarkan kata kunci, tema, metodologi, dan faktor lainnya.

2. Membaca Artikel Jurnal di Bidang Terkait

Membaca artikel jurnal di bidang terkait dapat membantu Anda menemukan jurnal yang tepat untuk mempublikasikan hasil penelitian Anda. Perhatikan jurnal yang menerbitkan artikel yang mirip dengan penelitian Anda dan pelajari informasi tentang fokus penelitian, reputasi, dan target audiens jurnal tersebut.

3. Berkonsultasi dengan Dosen Pembimbing atau Pakar di Bidang Penelitian

Dosen pembimbing dan pakar di bidang penelitian Anda dapat memberikan saran dan rekomendasi jurnal yang relevan dengan penelitian Anda. Mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas dalam memilih jurnal yang tepat untuk publikasi ilmiah.

Tips Tambahan:

  • Gunakan alat penemuan jurnal online seperti Journal Finder dan JANE.

 

Menyusun Struktur Artikel Jurnal

A. Struktur Umum Artikel Jurnal

Berikut adalah struktur umum artikel jurnal yang perlu Anda pahami:

Bagian Deskripsi
Judul Judul yang jelas dan informatif yang mencerminkan isi artikel.
Abstrak Ringkasan singkat yang berisi tujuan penelitian, metodologi, hasil utama, dan kesimpulan penelitian.
Kata Kunci Kata kunci yang relevan dengan penelitian Anda untuk memudahkan penemuan artikel.
Pendahuluan Latar belakang penelitian, rumusan masalah, dan tujuan penelitian.
Tinjauan Pustaka Tinjauan literatur yang relevan dengan penelitian Anda.
Metodologi Desain penelitian, metode pengumpulan data, dan metode analisis data.
Hasil dan Pembahasan Penyajian hasil penelitian dan pembahasan maknanya.
Kesimpulan Ringkasan temuan utama penelitian dan implikasinya.
Daftar Pustaka Daftar semua sumber yang dirujuk dalam artikel.

Tips Menyusun Struktur Artikel Jurnal:

  • Pahami pedoman gaya dan format jurnal yang Anda pilih.
  • Gunakan subjudul untuk membantu pembaca memahami struktur artikel.
  • Gunakan tabel, gambar, dan grafik untuk menyajikan data secara visual.
  • Pastikan semua bagian artikel terhubung dengan baik dan mengalir dengan lancar.
  • Periksa kembali artikel Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan atau ketidakkonsistenan.

 

Mengadaptasi Isi Skripsi Menjadi Struktur Artikel Jurnal

Setelah memahami struktur umum artikel jurnal, langkah selanjutnya adalah mengadaptasi isi skripsi Anda agar sesuai dengan struktur tersebut. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Mengidentifikasi Bagian-bagian Skripsi yang Relevan dengan Struktur Artikel Jurnal

Bacalah kembali skripsi Anda dan identifikasi bagian-bagian yang relevan dengan struktur artikel jurnal. Beberapa bagian yang dapat Anda gunakan adalah:

  1. Bab Pendahuluan: Bagian ini dapat digunakan untuk menyusun bagian Pendahuluan dan Tinjauan Pustaka dalam artikel jurnal Anda.
  2. Bab Metodologi: Bagian ini dapat digunakan untuk menyusun bagian Metodologi dalam artikel jurnal Anda.
  3. Bab Hasil dan Pembahasan: Bagian ini dapat digunakan untuk menyusun bagian Hasil dan Pembahasan dalam artikel jurnal Anda.
  4. Bab Kesimpulan: Bagian ini dapat digunakan untuk menyusun bagian Kesimpulan dalam artikel jurnal Anda.

2. Menyesuaikan Isi Skripsi agar Sesuai dengan Gaya dan Format Jurnal yang Dipilih

Bacalah dengan cermat pedoman gaya dan format jurnal yang Anda pilih. Sesuaikan isi skripsi Anda dengan pedoman tersebut, termasuk gaya penulisan, format halaman, penataan sitasi dan referensi, dan penggunaan gambar dan tabel.

3. Menambahkan atau Menghapus Informasi yang Diperlukan untuk Melengkapi Struktur Artikel Jurnal

Setelah mengidentifikasi bagian-bagian skripsi yang relevan dan menyesuaikan isi skripsi dengan gaya dan format jurnal yang dipilih, Anda mungkin perlu menambahkan atau menghapus informasi untuk melengkapi struktur artikel jurnal.

  1. Menambahkan informasi: Anda mungkin perlu menambahkan informasi yang tidak terdapat dalam skripsi, seperti latar belakang penelitian yang lebih rinci, tinjauan pustaka yang lebih komprehensif, atau analisis data yang lebih mendalam.
  2. Menghapus informasi: Anda mungkin perlu menghapus informasi yang tidak relevan dengan artikel jurnal, seperti informasi yang terlalu detail atau tidak penting.

Tips Mengadaptasi Isi Skripsi:

  • Gunakan tabel dan bagan untuk menyajikan data dengan cara yang mudah dipahami.
  • Gunakan bahasa yang jelas, ringkas, dan ilmiah.
  • Hindari penggunaan jargon dan bahasa teknis yang berlebihan.
  • Periksa kembali artikel Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau ejaan.

 

Memenuhi Format dan Gaya Jurnal

A. Pedoman Gaya dan Format Jurnal

Setiap jurnal memiliki pedoman gaya dan format spesifik yang harus diikuti oleh penulis dalam menyusun artikel. Pedoman ini mencakup berbagai aspek penulisan, seperti:

1. Gaya Penulisan

Gaya penulisan yang umum digunakan dalam artikel jurnal adalah APA Style, MLA Style, dan Chicago Style. Setiap gaya memiliki aturan dan konvensi penulisan yang berbeda, seperti format judul, penataan kutipan, dan penggunaan tanda baca. Pastikan Anda memahami gaya penulisan yang digunakan oleh jurnal yang Anda pilih dan ikuti aturannya dengan cermat.

2. Format Halaman

Format halaman yang umum digunakan dalam artikel jurnal adalah ukuran kertas A4 dengan margin 2,5 cm, spasi ganda, dan font Times New Roman 12 pt. Pastikan Anda mengikuti format halaman yang ditentukan oleh jurnal yang Anda pilih.

3. Penulisan Sitasi dan Referensi

Penataan sitasi dan referensi dalam artikel jurnal harus mengikuti gaya yang ditentukan oleh jurnal. Gaya yang umum digunakan adalah APA Style, MLA Style, dan Chicago Style. Setiap gaya memiliki format sitasi dan referensi yang berbeda, seperti cara penulisan nama penulis, judul publikasi, tanggal penerbitan, dan informasi publikasi lainnya. Pastikan Anda mengikuti format sitasi dan referensi yang benar untuk menghindari plagiarisme.

4. Penggunaan Tabel, Gambar, dan Grafik

Tabel, gambar, dan grafik dapat digunakan untuk menyajikan data dan informasi secara visual dalam artikel jurnal. Pastikan Anda mengikuti pedoman jurnal untuk penggunaan tabel, gambar, dan grafik, seperti format penomoran, judul, dan keterangan.

B. Tips Memenuhi Format dan Gaya Jurnal

Memenuhi format dan gaya jurnal merupakan aspek penting dalam proses publikasi artikel jurnal. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memenuhi format dan gaya jurnal:

1. Membaca Pedoman Gaya dan Format Jurnal dengan Cermat

Langkah pertama dan paling penting adalah membaca pedoman gaya dan format jurnal yang Anda pilih dengan cermat. Pedoman ini biasanya tersedia di situs web jurnal atau dapat diperoleh dari editor jurnal. Bacalah semua instruksi dengan seksama dan perhatikan detailnya, termasuk:

  • Gaya penulisan: Perhatikan gaya penulisan yang digunakan jurnal, seperti APA Style, MLA Style, atau Chicago Style. Pelajari aturan dan konvensi penulisan yang sesuai dengan gaya tersebut.
  • Format halaman: Perhatikan format halaman yang ditentukan jurnal, seperti ukuran kertas, margin, spasi, dan font yang digunakan.
  • Penataan sitasi dan referensi: Pelajari format sitasi dan referensi yang digunakan jurnal, seperti cara penulisan nama penulis, judul publikasi, tanggal penerbitan, dan informasi publikasi lainnya.
  • Penggunaan tabel, gambar, dan grafik: Perhatikan pedoman jurnal untuk penggunaan tabel, gambar, dan grafik, seperti format penomoran, judul, dan keterangan.

2. Menggunakan Software Pengolah Kata yang Dilengkapi dengan Fitur Pemformatan Gaya Jurnal

Gunakan software pengolah kata yang dilengkapi dengan fitur pemformatan gaya jurnal, seperti Microsoft Word atau LibreOffice. Software ini dapat membantu Anda dalam mengikuti format dan gaya jurnal dengan lebih mudah, seperti:

  • Template gaya: Banyak software pengolah kata menyediakan template gaya yang sesuai dengan gaya penulisan jurnal yang umum digunakan, seperti APA Style, MLA Style, dan Chicago Style.
  • Fitur penataan sitasi dan referensi: Software pengolah kata biasanya memiliki fitur untuk membantu Anda dalam menata sitasi dan referensi secara otomatis, sesuai dengan gaya yang dipilih.
  • Fitur pemformatan tabel, gambar, dan grafik: Software pengolah kata biasanya memiliki fitur untuk membantu Anda dalam memformat tabel, gambar, dan grafik sesuai dengan pedoman jurnal.

3. Meminta Bantuan Dosen Pembimbing atau Pakar di Bidang Penelitian

Jangan ragu untuk meminta bantuan dosen pembimbing atau pakar di bidang penelitian Anda dalam memenuhi format dan gaya jurnal. Mereka dapat memberikan saran dan masukan yang berharga untuk membantu Anda dalam meningkatkan kualitas artikel jurnal Anda.

Tips Tambahan:

  • Gunakan contoh artikel jurnal yang diterbitkan di jurnal yang sama sebagai referensi.
  • Mintalah kolega atau teman yang berpengalaman dalam publikasi jurnal untuk mengoreksi artikel Anda.
  • Gunakan layanan proofreading profesional jika diperlukan.

 

Menyesuaikan Isi Skripsi untuk Publikasi Jurnal

Menyesuaikan isi skripsi menjadi artikel jurnal membutuhkan beberapa langkah penting untuk memastikan kesesuaian dengan standar publikasi ilmiah. Berikut adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan:

A. Memodifikasi Isi Skripsi

1. Memperjelas Fokus dan Tujuan Penelitian

Pastikan fokus dan tujuan penelitian Anda terdefinisi dengan jelas dan ringkas. Hal ini dapat dilakukan dengan:

  • Memperkuat pernyataan rumusan masalah di Bab Pendahuluan.
  • Memperjelas tujuan penelitian di Bab Pendahuluan.
  • Memastikan fokus penelitian konsisten di seluruh bagian skripsi.

2. Memperkuat Argumen dan Kesimpulan

Perkuat argumen dan kesimpulan penelitian Anda dengan:

  • Menyajikan bukti yang kuat untuk mendukung argumen Anda.
  • Membahas keterbatasan penelitian Anda secara terbuka.
  • Menjelaskan implikasi dari temuan penelitian Anda.
  • Membandingkan temuan Anda dengan penelitian lain yang relevan.

3. Menyempurnakan Bahasa dan Gaya Penulisan

Gunakan bahasa dan gaya penulisan yang formal, ilmiah, dan sesuai dengan standar jurnal yang Anda tuju. Perhatikan:

  • Penggunaan kata dan istilah yang tepat dalam bidang penelitian Anda.
  • Struktur kalimat yang jelas dan mudah dipahami.
  • Hindari penggunaan bahasa yang ambigu dan jargon yang berlebihan.
  • Perhatikan konsistensi tata bahasa dan ejaan.

 

Memastikan Kualitas Artikel Jurnal yang Berkualitas

Memastikan kualitas artikel jurnal sebelum diajukan untuk publikasi adalah langkah krusial dalam proses publikasi ilmiah. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan:

1. Proofreading dan Editing Menyeluruh

Lakukan proofreading dan editing menyeluruh untuk memastikan artikel bebas dari kesalahan tata bahasa, ejaan, dan format. Perhatikan konsistensi gaya penulisan, struktur kalimat, dan penggunaan tanda baca. Gunakan software pemeriksa tata bahasa dan ejaan untuk membantu Anda dalam proses ini.

2. Masukan Dosen Pembimbing atau Pakar

Mintalah masukan dari dosen pembimbing atau pakar di bidang penelitian Anda. Mereka dapat memberikan saran dan kritik yang berharga untuk membantu Anda meningkatkan kualitas artikel jurnal Anda. Perhatikan saran mereka dengan cermat dan lakukan revisi yang diperlukan.

3. Bebas Kesalahan dan Standar Akademik

Pastikan artikel jurnal Anda bebas dari kesalahan dan sesuai dengan standar akademik. Hal ini meliputi:

  • Kejelasan dan koherensi isi
  • Keabsahan dan keandalan data
  • Kekuatan argumen dan kesimpulan
  • Kesesuaian dengan format dan gaya jurnal
  • Ketepatan sitasi dan referensi

 

Kesimpulan

Panduan cara membuat artikel jurnal dari SKRIPSI ini menguraikan langkah-langkah untuk mengubah skripsi menjadi artikel jurnal yang siap terbit. Dimulai dengan memahami struktur artikel jurnal, kemudian mengadaptasi isi skripsi, mengikuti format dan gaya jurnal yang dipilih, serta menyempurnakan isi skripsi. Pastikan kualitas artikel jurnal melalui proofreading, masukan dari pakar, dan pemeriksaan standar akademik. Dengan mengikuti panduan ini dan tips tambahan, Anda dapat meningkatkan peluang artikel jurnal Anda untuk diterima dan diterbitkan, dan berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan.

 

Layanan Kami: Jasa Konversi Skripsi Menjadi Artikel atau Jurnal Ilmiah

Setelah memahami langkah-langkah dan tantangan dalam proses konversi skripsi menjadi artikel jurnal, saatnya untuk mulai bertindak. Jangan biarkan skripsi Anda hanya menjadi dokumen akademik yang terlupakan di dalam laci. Jadikan itu sebagai pijakan untuk berkontribusi lebih lanjut dalam bidang penelitian Anda. Hubungi Kami Segera.!

Konversi Skripsi Menjadi Artikel Jurnal berkualitas

Bagikan artikel :

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Lainnya

jasa pembuatan dan publikasi jurnal

bisanugas@gmail.com