Bisanugas

Format Jurnal | Sistematika Umum Penulisan jurnal ilmiah

format jurnal

Daftar Isi

Format jurnal tentu sudah tidak asing di kalangan mahasiswa dan para akademisi di indonesia bahkan di seluruh dunia. Sebab dengan mengetahui format penulisan jurnal, Anda bisa menulis karya ilmiah dengan mudah. Sehingga tidak heran jika banyak mahasiswa yang berusaha menyusun format penulisan jurnal dengan sistematis.

bisanugas konsultasi

Apa Itu Jurnal ?

Sebelum mengetahui format jurnal yang benar, Anda harus mengetahui pengertian jurnal terlebih dahulu. Jurnal adalah catatan yang dibuat secara sistematis tentang suatu kegiatan atau peristiwa. Umumnya pembuatan jurnal juga dilakukan dengan metode penelitian.

Jurnal sendiri dibuat dengan beberapa tujuan. Namun yang paling umum jurnal dibuat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Sebab dengan membuat jurnal, pasti Anda akan mengkaji topik secara mendalam. Sehingga dengan cara ini, maka ilmu pengetahuan akan semakin bertambah.

Pada saat membuat jurnal, Anda juga harus mengumpulkan beberapa referensi. Hal ini bertujuan agar jurnal yang dihasilkan lebih bagus. Terlebih saat ini sudah banyak situs gratis yang bisa Anda gunakan untuk mencari referensi yang bagus sesuai dengan bidang penelitian.

Format Jurnal dan Sistematika Penulisan

Jurnal harus dibuat dengan format yang benar. Hal ini bertujuan agar jurnal yang dibuat sesuai dengan standar pengukuran karya ilmiah. Sehingga sebelum membuat jurnal, Anda harus mengetahui format penulisan jurnal yang benar. Berikut format jurnal yang baik dan benar, yakni:

1. Judul

Bagian ini tentu sudah tidak asing lagi. Sebab judul merupakan ide pokok yang dibuat dengan pendek serta mewakili isi jurnal secara keseluruhan. Pada saat membuat judul, usahakan untuk membuatnya dengan menarik. Tujuannya agar pembaca tertarik untuk membaca jurnal secara keseluruhan.

2. Abstrak

Saat ini banyak orang yang kesulitan membedakan ringkasan dengan abstrak. Padahal keduanya jelas berbeda. Sebab abstrak merupakan bagian yang menjelaskan metode, tujuan, hasil, dan kesimpulan secara singkat. Bahkan bagian ini tidak lebih dari 250 kata.

3. Pendahuluan

Pada saat membuat bagian ini, Anda harus memberikan gambaran tentang isi jurnal secara singkat. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan tujuan pembahasan masalah serta latar belakang masalah. Dengan demikian, maka pembaca akan lebih tertarik mengkaji jurnal secara mendalam.

4. Bahan dan Metode

Format jurnal yang selanjutnya yaitu bahan dan metode. Dimana pada bagian ini membahas tentang proses pembuatan jurnal serta metode yang digunakan untuk menyusun jurnal. Yang paling penting, bagian ini harus ditulis sesuai dengan fakta yang ada.

5. Hasil

Setelah berhasil melakukan penelitian, Anda dapat menuliskannya pada bagian ini. Selain itu, usahakan untuk menceritakan hasil penelitian secara singkat. Dengan demikian, maka pembaca akan lebih tertarik dengan isi jurnal yang disajikan.

6. Pembahasan

Format jurnal yang selanjutnya yaitu pembahasan. Dimana bagian ini memaparkan semua data yang telah diperoleh sebelumnya. Selain itu, bagian ini juga memuat perbandingan penelitian yang Anda lakukan dengan penelitian orang lain. Sehingga penyusunan bagian ini memakan banyak waktu.

7. Kesimpulan

Pada bagian ini memuat kesimpulan atau ringkasan dari penelitian yang telah dilakukan. Selain itu, Anda harus membuat bagian ini dengan singkat dan padat. Tujuannya agar pembaca lebih mudah memahami informasi yang tersaji di dalam jurnal.

8. Daftar Pustaka

Saat Anda menyusun jurnal, tentu memerlukan referensi untuk mendukung penelitian. Bahkan ada beberapa orang yang menggunakan kutipan pada penyusunan jurnal. Oleh karena itu, Anda juga harus melampirkan penulis yang jurnalnya dijadikan sebagai referensi.

Rekomendasi Jasa Pembuatan Jurnal yang Berkualitas

Apabila kesulitan untuk memahami format jurnal yang baik, Anda tidak perlu khawatir lagi. Sebab sekarang sudah ada jasa yang menyediakan layanan pembuatan jurnal, salah satunya yaitu Bisanugas.com. Menariknya ada banyak manfaat yang bisa diperoleh saat menggunakan jasa Kami, yakni:

1. Penulisan Jurnal yang Sesuai dengan Format

Kualitas layanan dari jasa Kami tidak perlu Anda ragukan lagi. Sebab sudah banyak mahasiswa, pelajar atau pengusaha yang merasa puas dengan layanan Kami. Terlebih Kami memiliki tim profesional yang telah berpengalaman dalam bidangnya.

Pada saat memesan layanan pembuatan jurnal, maka penyusunannya akan sesuai dengan format yang benar. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika format jurnal tidak berurutan. Selain itu, Anda juga bisa request tentang gaya penulisan ataupun sumber referensi yang ingin digunakan untuk membuat jurnal.

2. Tersedia Layanan Konsultasi

Untuk mewujudkan kepuasan pelanggan, Kami juga menyediakan layanan konsultasi secara gratis. Sehingga Anda bisa menyampaikan brief tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dengan demikian Kami akan mengerjakan pesanan Anda sesuai dengan brief yang telah ditentukan.

Selain itu, layanan ini bisa Anda dapatkan sebelum memesan jasa. Untuk menggunakannya, Anda bisa menggunakan zoom, google meet, ataupun sambungan telepon. Hal ini bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan. Sebab Kami selalu berusaha mewujudkan kepuasan pelanggan.

3. Tarif Harga yang Terjangkau

Meskipun kualitas yang Kami sediakan cukup berkualitas, namun tarif harga yang Kami tawarkan cukup terjangkau. Hal ini bertujuan agar pelanggan tidak merasa terbebani dengan harga yang Kami tawarkan. Dengan demikian jasa Kami bisa digunakan oleh semua kalangan mulai dari pelajar hingga mahasiswa.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan revisi jika memang diperlukan. Layanan ini sengaja Kami buat untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggan. Mengingat setiap pelanggan pasti memiliki selera yang berbeda-beda. Namun, untuk menggunakan layanan ini terdapat beberapa persyaratan.

bisa nugas

Harga Jasa Pembuatan & Publikasi Jurnal


Pembuatan Jurnal (Bahasa Indonesia)

Rp. 400.000 – Rp.500.000 (Maksimal 20 Halaman)

Benefit

Turnitin 20 %

Referensi Tambahan Maksimal 30 Jurnal

File Referensi Dalam Bentuk ZIP / RAR

Revisi 4 Kali

Batas Revisi Maksimal 2 Bulan


Pembuatan Jurnal (Bahasa Inggris)

Rp. 750.000 – Rp.800.000 (Maksimal 20 Halaman)

Benefit

Turnitin 20 %

Report Grammarly 90%

Referensi Tambahan Maksimal 30 Jurnal

File Referensi Dalam Bentuk ZIP / RAR

Revisi 4 Kali

Batas Revisi Maksimal 2 Bulan


Publikasi Jurnal (Sinta 6,5,4, dan 3)

Rp. 500.000 – Rp. 2.000.000 (Tergantung Tingkatan SINTA)

** Khusus Publikasi Sebaiknya Order 2 Minggu Sebelum Deadline

Benefit

Terbit LoA 1-2 Minggu (Fast Track)

Berbagai informasi ini dapat Anda pelajari dengan baik. Tujuannya agar Anda tidak kesulitan untuk menyusun format jurnal. Terlebih jasa Kami menyediakan berbagai layanan yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Kami secara langsung. 082229804400


 

Lihat layanan Kami yang lainnya: Jasa Pembuatan Jurnal Berkualitas | Jasa Pencarian Jurnal | Jasa Publikasi Jurnal | Jasa Cek Turnitin | Jasa Parafrase

Bagikan artikel :

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Lainnya

jasa pembuatan dan publikasi jurnal

bisanugas@gmail.com