Bisanugas

Cara Publikasi Jurnal: Panduan Komprehensif Anda dalam Publikasi Jurnal

Cara publikasi jurnal

Daftar Isi

Berjalan di dunia akademik dan ilmiah adalah perjalanan penuh tantangan dan keberhasilan. Salah satu tahap yang sangat penting dalam perjalanan tersebut adalah pembuatan jurnal ilmiah serta mempublikasikaknnya. Mempublikasikan hasil penelitian Anda dalam sebuah jurnal yang diakui secara global dapat memberi nilai tambah yang signifikan bagi karier Anda. Namun, prosesnya tidak semudah dibayangkan. Diperlukan pengetahuan, ketekunan, dan pemahaman yang tepat tentang bagaimana cara publikasi jurnal yang efektif.

Dalam panduan ini, kami akan membimbing Anda melalui langkah demi langkah yang harus diikuti dalam proses mempublikasikan jurnal. Mulai dari persiapan makalah penelitian, memilih jurnal yang tepat untuk pengajuan, sampai proses pengajuan itu sendiri. Kami juga akan memberikan Anda beberapa tips dan trik untuk memastikan publikasi jurnal Anda sukses dan efektif. Selamat datang di panduan komprehensif¬† Cara Publikasi Jurnal’.

 

cara publikasi jurnal ilmiah

 

Apa Itu Publikasi Jurnal?

Sebelum membahas proses dan cara publikasi jurnal secara detail, penting untuk memahami apa arti dari publikasi jurnal itu sendiri dan mengapa hal itu penting. Publikasi jurnal adalah proses formal dari pengajuan penelitian atau kajian yang telah ditulis oleh seorang peneliti untuk kemudian dipublikasikan dalam sebuah jurnal akademik atau ilmiah. Tujuan proses ini adalah untuk membagikan pengetahuan baru, tren, atau temuan penelitian kepada komunitas akademik dan ilmiah.

Ada beberapa manfaat nyata yang bisa diperoleh seorang peneliti jika berhasil mempublikasikan jurnalnya. Pertama, mempublikasikan jurnal bisa membantu peneliti dalam membangun reputasi akademik dan profesionalnya. Kedua, publikasi ini bisa menjadi salah satu faktor penentu dalam proses promosi atau penghargaan untuk peneliti. Ketiga, penelitian atau kajian yang dipublikasikan bisa menjadi referensi atau dasar bagi penelitian lainnya, sehingga berkontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.

Namun, perlu diingat bahwa proses publikasi jurnal bukanlah sebuah perjalanan yang mudah. Ada banyak tahap yang perlu dilewati dan diperhatikan. Tahapan ini bisa melibatkan persiapan, penulisan, pengeditan, penyerahan, dan proses penelaahan. Selain itu, peneliti juga memerlukan keterampilan komunikasi yang baik dalam menangani masalah yang muncul dalam proses publikasi itu sendiri.

Dengan memahami cara publikasi jurnal dan mengapa penting, harapannya Anda akan mendapatkan motivasi serta pandangan yang lebih jelas tentang pentingnya persiapan dan ketekunan dalam berusaha mempublikasikan jurnal Anda. Mari kita mulai perjalanan ini dengan melihat langkah-langkah yang harus diikuti dalam publikasi jurnal.

 

Langkah-langkah dan Cara Publikasi Jurnal

Mempublikasikan jurnal adalah proses yang memerlukan ketelitian dan kerja keras. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu diikuti dalam proses publikasi jurnal:

1. Menyiapkan Makalah Penelitian Anda
Tahap pertama dalam publikasi jurnal adalah menyiapkan makalah penelitian Anda. Ini berarti Anda perlu mengumpulkan dan menganalisis data, membuat hipotesis, melakukan penelitian, menulis hasil penelitian, dan membuat referensi. Setiap bagian dari makalah penelitian Anda harus ditulis dengan baik dan pastikan bahwa informasi yang disajikan benar dan dapat dipertahankan.

2. Menerjemahkan Makalah Penelitian (jika perlu)
Jika jurnal yang Anda tuju membutuhkan penyerahan dalam bahasa lain selain bahasa asli makalah penelitian Anda, Anda mungkin perlu untuk menerjemahkannya. Pastikan bahwa terjemahan tersebut akurat dan mencerminkan makna asli dari makalah penelitian Anda.

3. Memilih Jurnal yang Tepat untuk Pengajuan
Tahap berikutnya adalah memilih jurnal yang tepat untuk pengajuan. Daftarkan beberapa jurnal yang berpotensi dan periksa faktor-faktor seperti relevansi topik, kredibilitas jurnal, dan faktor dampak. Setelah memilih jurnal yang tepat, baca panduan penulisan mereka dan pastikan bahwa makalah penelitian Anda memenuhi semua persyaratan mereka.

4. Proses Pengajuan
Setelah memilih jurnal dan mempersiapkan makalah penelitian Anda, langkah berikutnya adalah proses pengajuan. Biasanya, hal ini melibatkan pengiriman makalah penelitian Anda secara online melalui platform yang disediakan oleh jurnal. Anda mungkin juga perlu mengirimkan surat pengantar dan formulir lainnya yang diminta oleh jurnal.

Setiap publikasi jurnal memiliki alur kerjanya sendiri. Umumnya, setelah pengajuan, makalah Anda akan melalui proses peninjauan oleh rekan sejawat untuk menilai kelayakan publikasi. Anda mungkin akan menerima tanggapan dalam bentuk penerimaan, penolakan, atau permintaan revisi.

Proses mempublikasikan jurnal adalah perjalanan yang memerlukan waktu dan usaha. Namun, dengan pemahaman yang tepat tentang setiap langkah yang terlibat, Anda akan lebih siap untuk menavigasi dan menyelesaikan proses ini dengan sukses.

 

Cara Submit artikel di Open Journal Systems (OJS)

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk submit (mengajukan) artikel di Open Journal Systems (OJS):

1. Buat Akun Anda di OJS Website
– Pertama, Anda perlu mengakses situs web jurnal yang menggunakan OJS.
– Cari opsi ‘register’ atau ‘daftar’ dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk membuat akun Anda.

2. Masuk ke Akun OJS Anda
– Setelah berhasil mendaftar, masuk ke akun Anda menggunakan identitas yang telah Anda buat.

3. Mulai Proses Pengajuan
– Cari menu “New Submission” atau “Pengajuan Baru” di dashboard Anda.

4. Ikuti langkah demi langkah pengajuan
– OJS biasanya akan memandu Anda melalui 5 langkah pengajuan:
Langkah 1: Mulai
– Di sini, Anda harus memeriksa dan menyetujui syarat-syarat pengajuan, misalnya bahwa karya ini orisinil dan belum pernah diterbitkan di tempat lain.
Langkah 2: Upload Submission
– Di tahap ini, Anda akan diarahkan untuk meng-upload file artikel Anda.
Langkah 3: Enter Metadata
– Di tahap ini, Anda perlu memasukkan metadata tentang artikel Anda, termasuk judul, abstrak, dan kata kunci.
Langkah 4: Upload Supplementary Files
– Di sini Anda dapat meng-upload file tambahan jika ada dan jika diperlukan (seperti data penelitian).
Langkah 5: Confirmation
– Pada langkah terakhir ini, Anda akan diminta untuk mengonfirmasi pengajuan Anda.

5. Selesai Pengajuan
– Setelah melalui semua langkah, klik ‘Finish Submission’. Anda harus menerima konfirmasi bahwa pengajuan Anda telah sukses.

6. Monitor Pengajuan Anda
– Anda dapat melacak status pengajuan Anda melalui akun OJS Anda dan biasanya akan diberi notifikasi jika ada pembaruan.

Demikianlah cara-cara submit artikel di OJS. Harap perhatikan bahwa setiap jurnal mungkin memiliki prosedur pengajuan yang sedikit berbeda, jadi selalu baik untuk membaca pedoman dan instruksi dari setiap situs jurnal.

 

Tips dan Trik Publikasi Jurnal yang Efektif

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda meraih kesuksesan dalam publikasi jurnal:

1. Pilih topik yang menarik dan relevan

  • Pastikan topik penelitian Anda menarik, relevan dan bernilai tambah bagi bidang Anda. Hal ini akan meningkatkan peluang diterimanya makalah Anda oleh editor dan peninjau.

2. Lakukan penelitian dan kaji sumber yang berkualitas

  • Sebelum menulis, periksa dan kaji sumber-sumber berkualitas, seperti penelitian sebelumnya, buku, dan publikasi sejenis. Ini akan membantu Anda mengembangkan argumen yang kuat dan mendukung klaim Anda.

3. Ikuti pedoman penulisan jurnal

  • Tiap jurnal memiliki pedoman penulisan yang berbeda. Pastikan untuk membaca dan mematuhi pedoman tersebut untuk memastikan makalah Anda memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan oleh jurnal.

4. Struktur makalah dengan baik

  • Struktur makalah Anda dengan jelas dan logis, dengan membagi artikel menjadi bagian-bagian seperti abstrak, pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, dan kesimpulan. Gunakan subjudul untuk memudahkan pemahaman pembaca.

5. Gunakan bahasa dan gaya penulisan yang jelas dan efektif

  • Gunakan bahasa yang jelas, ringkas, dan konsisten.hindari penggunaan jargon yang tidak perlu atau frasa yang ambigu. Bacalah makalah Anda dengan teliti untuk memeriksa kesalahan tata bahasa dan ejaan.

6. Revisi dan perbaiki

  • Jangan ragu untuk merevisi dan memperbaiki makalah Anda sebanyak yang diperlukan. Dapatkan umpan balik dari rekan-rekan, mentor, atau orang yang berpengalaman dalam bidang Anda.

7. Jalin kerjasama dengan rekan penulis

  • Berkolaborasi dengan rekan penulis dapat membantu Anda dalam menghasilkan karya yang lebih baik dan meningkatkan peluang diterimanya makalah.

8. Pilih jurnal yang tepat

  • Pilih jurnal yang sesuai dengan topik dan kepentingan penelitian Anda, memiliki reputasi dan faktor dampak yang baik, serta memiliki audiens yang tepat. Pelajari berbagai jurnal yang ada untuk menemukan yang paling cocok.

9. Bersabar dan siap untuk menghadapi penolakan

  • Proses publikasi jurnal bisa panjang dan melelahkan. Bersabar dan siap untuk menghadapi penolakan atau permintaan revisi. Jangan patah semangat dan teruslah mencoba.

10. Jaga keterlibatan dengan komunitas akademik

  • Aktif dalam diskusi, konferensi, dan workshop dengan komunitas akademik dan ilmiah. Hal ini akan meningkatkan visibilitas dan jaringan Anda, serta menjadi sumber inspirasi untuk penelitian dan publikasi selanjutnya.

Dengan mempraktikkan tips dan trik di atas, Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk sukses dalam publikasi jurnal. Tetap berkomitmen dan tekun dalam upaya Anda, dan jangan lupa untuk menikmati proses pembelajaran di sepanjang perjalanan.

 

tutorial publikasi jurnal

 

Kesimpulan

Kesuksesan publikasi jurnal bukan hanya tentang penulisan yang bagus, namun juga tentang pemilihan topik yang relevan, penelitian yang mendalam, pilihan jurnal yang tepat, dan kerja sama yang efektif dengan rekan penulis. Penting juga untuk memahami dan mematuhi pedoman penulisan yang ditetapkan oleh jurnal, serta mempersiapkan diri untuk proses revisi yang mungkin dibutuhkan. Meskipun proses publikasi bisa panjang dan bisa saja berujung penolakan, kesabaran dan tekad untuk terus belajar dan berkembang adalah kunci utama. Jaringan dan keterlibatan dalam komunitas akademik juga berperan penting dalam meningkatkan visibilitas dan mendapatkan inspirasi untuk penelitian dan publikasi masa depan.

Bagikan artikel :

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Lainnya

jasa pembuatan dan publikasi jurnal

bisanugas@gmail.com