Bisanugas

Cara menurunkan skor turnitin, Dengan Efektif.!

cara menurunkan skor turnitin

Daftar Isi

Pentingnya Memiliki Skor Turnitin yang Rendah! Skor Turnitin yang baik menunjukkan bahwa pekerjaan tersebut merupakan hasil dari penelitian, pemikiran, dan penulisan asli atau orisinil. Namun, terkadang, skor Turnitin mungkin lebih tinggi daripada yang diharapkan. Bahkan hampir semua siswa atau mahasiswa telah berusaha untuk menghindari plagiarisme.

Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana cara menurunkan skor turnitin, dan apa yang bisa anda lakukan untuk menurunkan skor turnitin.

Mungkin anda sedang mencari layanan: Jasa Parafrase

cara menurunkan skor turnitin

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi cara-cara menurunkan skor Turnitin dengan efektif, mulai dari strategi dasar seperti menghindari “copy-paste” dan merujuk dengan benar, hingga teknik lanjutan yang melibatkan parafrase dan interpretasi.

Dengan mengikuti cara ini, anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana membuat konten asli yang bebas dari plagiarisme, dan bagaimana perangkat lunak Turnitin bekerja dalam menilai pekerjaan mereka.

 

Memahami Skor Turnitin

Skor Turnitin, dikenal sebagai ‘persentase kesamaan’, dan sebuah indikator yang menunjukkan sejauh mana suatu dokumen memiliki kesamaan dengan sumber lain yang ada dalam database Turnitin itu sendiri. Persentase ini dihitung berdasarkan jumlah teks yang sama antara dokumen siswa dengan sumber yang ada di dalam database Turnitin.

Beberapa faktor yang mempengaruhi skor Turnitin:

  1. Penyalinan dan Penempelan langsung (Copy-Paste): Jika Anda mencopy dan menempelkan teks dari sumber lain tanpa merubah apa pun atau memberikan atribusi yang tepat, Turnitin akan mengidentifikasinya dan ini akan meningkatkan persentase kesamaan Anda.

  2. Parafase Tanpa Kutipan yang Tepat: Meski Anda mungkin telah menyusun ulang kalimat dan mengganti kata, tetapi jika struktur dan ide pokok dari sumber asli masih tetap, ini akan terdeteksi oleh Turnitin dan berpotensi menambah persentase kesamaan.

  3. Kutipan yang Salah: Turnitin dapat mencari tahu jika Anda tidak sempurna dalam memberi kredit pada pemilik asli ide atau kalimat. Kurangnya referensi yang tepat atau kutipan yang salah dapat meningkatkan skor kesamaan Anda.

     

Secara umum, skor di bawah 25% seringkali dianggap baik (itupun tergantung dari standar dari lembaga atau institusi yang memberikan standar, terkadang ada yang dianggap baik jika skor Turnitin dibawah 15%). Skor Tinggi bisa menunjukkan bahwa sebagian tulisan Anda mirip dengan sumber lain yang ada di database Turnitin.

Pentingnya skor Turnitin yang rendah bukanlah untuk ‘menghindari’ deteksi plagiarisme saja, tetapi untuk memastikan bahwa Anda telah benar-benar memahami dan dapat menjelaskan kembali apa yang telah Anda pelajari dalam kata-kata Anda sendiri. Skor yang rendah menunjukkan bahwa konten Anda original dan diajukan dengan pemikiran dan analisis pribadi yang mendalam.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan Tips dan beberapa strategi yang dapat Anda gunakan untuk menurunkan skor Turnitin. Setiap strategi akan membantu Anda memahami bagaimana mendemonstrasikan pemahaman Anda tentang bahan secara jujur, etis, dan efektif.

 

Strategi Dasar: Cara Menurunkan Skor Turnitin

Ada beberapa strategi dasar yang bisa diterapkan sebagai titik awal untuk menurunkan skor Turnitin Anda. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Menghindari “copy-paste”: Penggunaan langsung teks dari sumber lain tanpa memodifikasinya atau mengkreditkannya akan meningkatkan skor Turnitin Anda. Selalu usahakan untuk menulis ulang informasi dalam kata-kata Anda sendiri, dan berikan kredit dengan merujuk sumber asli.
  2. Merujuk dengan benar: Jika Anda memutuskan untuk menggunakan kutipan langsung dari sumber lain, pastikan untuk merujuknya dengan benar. Gunakan gaya kutipan yang sesuai (APA, MLA, Chicago, dll.) berdasarkan yang diminta oleh lembaga atau dosen Anda.
  3. Menulis konten asli: Kunci utama untuk menurunkan skor Turnitin adalah dengan menulis konten asli. Ambil waktu untuk merumuskan pemikiran dan wawasan Anda sendiri berdasarkan apa yang Anda pelajari dari penelitian Anda. Karya asli selalu memiliki skor Turnitin yang lebih rendah.
  4. Memahami struktur penulisan: Menggunakan struktur penulisan yang baik (pengantar, isi, kesimpulan) dapat membantu Anda merencanakan penulisan Anda dan memastikan isi ditulis dengan kata-kata Anda sendiri.
  5. Gunakan kamus dan thesaurus: Mengganti kata-kata dengan sinonimnya dapat membantu mencegah plagiarisme, asalkan perubahan tersebut tidak mengubah makna asli dari konten.

 

Ingat ya, penting untuk tidak mengandalkan strategi ini sebagai cara untuk ‘mengelabui’ Turnitin. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa Anda berusaha dan dapat menunjukkan pemahaman tersebut dalam tulisan Anda sendiri.

Strategi ini hanya digunakan jika Anda benar-benar telah mencoba untuk memahami dan merangkum tulisan dengan kata-kata Anda sendiri, bukan sekedar cara menurunkan skor Turnitin.

 

Strategi Lanjutan: Cara Menurunkan Skor Turnitin

Selain strategi dasar, ada juga beberapa strategi lanjutan yang bisa Anda terapkan sebagai cara menurunkan skor Turnitin Anda. Berikut ini adalah beberapa cara di antaranya:

  1. Lakukan Parafrase: Menulis ulang teks dengan kata-kata Anda sendiri merupakan strategi yang efektif , tetapi membutuhkan keterampilan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat parafrase:

    • Usahakan untuk tidak hanya mengganti kata-kata dalam kalimat dengan sinonimnya. Cobalah untuk mengubah struktur kalimat dan memahami makna atau pesan utama dari sumber, lalu tulis ulang dalam kata-kata Anda sendiri.
    • Ingat, walaupun Anda merangkum atau menulis ulang teks, Anda tetap harus merujuk sumber aslinya.
  2. Integrasi Kutipan: Jika Anda memutuskan untuk menggunakan kutipan langsung dari konten asli, pastikan untuk mencampurnya dengan narasi atau interpretasi Anda sendiri. Ini akan membantu memastikan bahwa skor Turnitin Anda tidak terlalu tinggi.
  3. Gunakan Sumber Primer: Sumber primer cenderung memiliki skor kesamaan yang lebih rendah dibandingkan dengan sumber sekunder. Jadi, jika memungkinkan, coba gunakan sumber primer sebagai referensi penelitian Anda.
  4. Pemeriksaan Pre-submission: Ini adalah strategi proaktif yang melibatkan pengecekan awal dokumen Anda terhadap database Turnitin sebelum pengajuan akhir. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk memperbaiki dan menurunkan skor kesamaan sebelum Anda akhirnya menyerahkan dokumen Anda.
  5. Pemahaman konsep: Bersiaplah untuk berinvestasi waktu dan energi dalam benar-benar memahami konsep atau materi yang Anda pelajari. Dengan pemahaman yang kuat, Anda akan lebih mampu mengekspresikan ide dan konsep tersebut dengan kata-kata Anda sendiri, yang akan secara signifikan menurunkan skor kesamaan Turnitin Anda.

 

Pentingnya Konten Asli

Kegiatan plagiarisme, atau meniru karya orang lain tanpa memberikan pengakuan yang layak, adalah tindakan yang tidak etis dan seringkali melanggar hukum hak cipta. Itulah sebabnya sebuah sistem pemeriksa keaslian seperti Turnitin digunakan dalam pengaturan akademik.

Berikut adalah beberapa alasan pentingnya penulisan konten asli:

  1. Meningkatkan Pemahaman dan Pembelajaran

    Membuat karya original berarti Anda telah benar-benar memahami materi yang Anda pelajari dan mampu merangkumnya dalam kata-kata Anda sendiri. Ini menunjukkan komprehensi dan pemahaman yang lebih tinggi daripada sekadar menyalin dan menempelkan dari sumber lain.

     

  2. Menghargai Karya Orang Lain

    Dengan menciptakan karya orisinal dan melalui penggunaan sitasi yang tepat, Anda menunjukkan penghargaan dan penghormatan terhadap usaha dan kerja keras penulis asli.

     

  3. Meningkatkan Keterampilan Penulisan dan Penelitian Anda

    Penulisan konten asli membutuhkan penelitian, analisis data, sintesis informasi, dan keterampilan penulisan. Semakin sering Anda berlatih menulis karya original, semakin baik keterampilan penulisan dan penelitian Anda.

     

  4. Membangun Integritas Akademik dan Profesional

    Keaslian dan integritas adalah kualitas penting dalam dunia akademik dan profesional. Membuat karya original menunjukkan bahwa Anda adalah individu yang jujur, bertanggung jawab, dan dapat dipercaya.

     

  5. Menghindari Hukuman Akademik

    Pelanggaran plagiarisme bisa berakibat serius, termasuk kegagalan dalam kursus, menghadapi sanksi disipliner, bahkan pengusiran dari institusi. Dalam beberapa kasus, penjiplakan bisa berakibat pada tuntutan hukum.

     

Kesimpulan

Turnitin merupakan sistem pemeriksa keaslian yang umum digunakan dalam dunia akademik dan profesional. Tujuannya untuk mencegah plagiarisme dan menghargai integritas di kalangan peneliti, siswa,mahasiswa dan penulis. Untuk menurunkan skor Turnitin, berikut rangkuman langkah-langkah yang telah dibahas sebelumnya:

  1. hindari”copy-paste” secara langsung
  2. Gunakan gaya kutipan yang sesuai.
  3. Menulis konten asli
  4. Memahami struktur penulisan yang baik
  5. Menggunakan kamus dan thesaurus untuk menggantikan kata-kata.

Strategi lanjutan:

  1. Melakukan parafrase
  2. Mengintegrasikan kutipan dengan narasi Anda.
  3. Menggunakan sumber primer sebagai referensi.
  4. Melakukan pemeriksaan pre-submission.
  5. Tingkatkan pemahaman konsep dan materi.

Penting untuk diingat bahwa upaya dan cara menurunkan skor Turnitin harus dilakukan dengan etika dan integritas. Penulisan konten asli sangat penting, karena ini membantu Anda meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam penulisan, menghargai karya orang lain, membangun integritas akademik dan profesional, dan menghindari konsekuensi dari plagiarisme.


Bisanugas.com memiliki layanan jasa parafrase pada dokumen skripsi,tesis, disertasi dan dokumen akademik lainya. Hubungi Kami. Gratis Konsultasi.

Bagikan artikel :

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Lainnya

jasa pembuatan dan publikasi jurnal

bisanugas@gmail.com