Bisanugas

Langkah-langkah Mengecek Plagiarisme di Turnitin Versi Gratis!

Mengecek Plagiarisme Di Turnitin

Daftar Isi

Mengecek plagiarisme di Turnitin Di bagian ini, kami akan membagikan cara-cara untuk mengecek plagiarisme menggunakan Turnitin secara gratis. Anda akan belajar cara menggunakan versi gratis Turnitin dengan panduan yang kami berikan.

Memeriksa plagiarisme dalam karya tulis sangat penting, terutama dalam dunia akademik. Menggunakan Turnitin dapat membantu Anda menghindari plagiarisme dan meningkatkan kualitas karya tulis Anda. Dalam panduan ini, kami akan membahas cara menggunakan Turnitin dengan tepat dan efektif.

Jasa Parafrase Turnitin

Jika Anda ingin memastikan bahwa karya tulis Anda bebas dari plagiarisme berikut layanan Kami: Jasa Parafrase Turnitin

 

Turnitin Itu Untuk Apa?

Sebelum membahas bagaimana cara Mengecek Plagiarisme Di Turnitin versi Gratis, penting untuk memahami apa itu Turnitin. Turnitin adalah layanan online yang digunakan untuk mendeteksi plagiarisme dalam tulisan akademik. Turnitin menyediakan fitur cek plagiat dan memberikan laporan plagiat pada tulisan yang diuji menggunakan algoritma khusus. Dengan menggunakan Turnitin, kita dapat memeriksa apakah tulisan kita memiliki kesamaan dengan sumber lain.

Turnitin menjadi solusi cek plagiat dengan teknologi modern dan fitur canggih. Dalam melakukan pengecekan plagiat, Turnitin dapat menganalisis lebih dari 70 miliar halaman web, jurnal, dan publikasi online yang memastikan keakuratan laporan plagiat yang diberikan. Oleh karena itu, Turnitin sangat membantu dalam mengatasi plagiat di dunia akademik.

Untuk bisa menggunakan Turnitin, kita perlu memiliki akun. Setelah itu, kita dapat mengunggah dokumen yang akan diperiksa ke dalam sistem Turnitin. Turnitin akan melakukan cek plagiat dan menampilkan laporan plagiat dalam hitungan menit. Namun, untuk menggunakan fitur cek plagiat di Turnitin, kita perlu membayar sejumlah biaya.

 

Fitur Cek Plagiat di Turnitin

Turnitin memiliki beberapa fitur canggih yang berguna untuk mengecek plagiat dalam tulisan akademik. Beberapa fitur tersebut antara lain:

Fitur Deskripsi
Originality Report Menampilkan presentasi kesamaan antara teks dalam dokumen dengan sumber asli.
GradeMark Memungkinkan dosen memberikan umpan balik pada dokumen secara online, mempercepat proses penilaian.
Peer Review Memungkinkan mahasiswa untuk mengulas dan memberi umpan balik pada tulisan mahasiswa lain dalam lingkungan yang terstruktur.
Revision Assistant Memberikan umpan balik tentang bagaimana meningkatkan tulisan melalui analisis sintaksis, penggunaan kata, dan organisasi tulisan.

Dengan adanya fitur-fitur tersebut, Turnitin menjadi pilihan yang tepat untuk mengecek plagiat dalam karya tulis akademik. Selain itu, kita juga dapat memanfaatkan cara menggunakan Turnitin untuk cek plagiat dengan mudah dan efektif.

 

Cara Mendaftar dan Menggunakan Aplikasi Turnitin

Setelah Anda memahami apa itu Turnitin, langkah selanjutnya adalah mendaftar dan menggunakan layanan ini untuk mengecek plagiarisme. Berikut adalah langkah-langkah cara mendaftar Turnitin:

  1. Buka situs resmi Turnitin di www.turnitin.com
  2. Pilih opsi “Create Account” pada bagian kanan atas halaman.
  3. Isi formulir registrasi dengan informasi yang diperlukan. Pastikan informasi yang dimasukkan benar dan akurat.
  4. Aktifkan akun Turnitin Anda melalui email yang dikirimkan ke alamat email yang telah Anda daftarkan.

Selanjutnya, setelah berhasil mendaftar, berikut adalah cara menggunakan Turnitin:

  1. Login ke akun Turnitin Anda.
  2. Pilih opsi “Create New Assignment”.
  3. Ikuti petunjuk untuk mengunggah dokumen yang ingin Anda cek plagiarisme-nya. Setelah itu, pilih opsi “Submit”.
  4. Tunggu beberapa saat untuk proses pengecekan plagiarisme selesai.
  5. Setelah proses selesai, Anda dapat membaca hasil Turnitin di bagian “Similarity Report”. Pastikan untuk membaca hasilnya dengan cermat dan memperhatikan bagian mana saja yang dianggap merupakan plagiarisme.

Demikianlah cara mendaftar dan menggunakan Turnitin serta membaca hasil Turnitin. Jika Anda masih kesulitan atau memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap membantu Anda.

 

Kelebihan dan Kekurangan Turnitin Versi Gratis

Meskipun Turnitin versi gratis dapat membantu Anda mengecek plagiarisme, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Di bawah ini, kami akan membahas kedua aspek tersebut secara detail.

Kelebihan Turnitin Versi Gratis

  • Gratis – Seperti namanya, Turnitin versi gratis dapat digunakan tanpa harus membayar biaya langganan. Hal ini sangat menguntungkan bagi para pelajar dan mahasiswa yang memiliki keterbatasan keuangan. 
  • Menyediakan Laporan Plagiarisme – Turnitin versi gratis dapat memeriksa keaslian tulisan Anda dan memberikan laporan yang menunjukkan kemiripan dengan sumber lain. Laporan ini dapat membantu Anda menyempurnakan karya tulis dan menghindari plagiarisme. 
  • Mudah Digunakan – Turnitin versi gratis mudah digunakan. Anda dapat memeriksa tulisan Anda dengan memasukkan teks langsung ke dalam platform atau mengunggah file dokumen.

Kekurangan Turnitin Versi Gratis

  • Keterbatasan Aksesibilitas – Beberapa fitur yang tersedia di versi berbayar tidak dapat diakses di Turnitin versi gratis. Misalnya, Anda tidak dapat memeriksa plagiarisme dengan menggunakan database daring atau meminta feedback penilaian dari pengajar. 
  • Akurasi yang Rendah – Meskipun Turnitin versi gratis dapat menghasilkan laporan plagiarisme, akurasinya tidak sebaik versi berbayar. Hal ini disebabkan karena jumlah sumber yang dapat diakses oleh Turnitin versi gratis terbatas, sehingga kemungkinan adanya kesalahan atau kelalaian dalam mendeteksi plagiarisme lebih besar. 
  • Tidak Menjamin Kelengkapan – Turnitin versi gratis tidak menjamin kelengkapan laporan plagiarisme. Beberapa sumber mungkin tidak terdeteksi atau terlewatkan oleh sistem ini, sehingga hasil laporan mungkin tidak sepenuhnya akurat.

Meskipun Turnitin versi gratis memiliki kelebihan dan kekurangan, namun tetap dapat menjadi pilihan yang baik bagi pelajar atau mahasiswa dengan keterbatasan dana. Namun, jika Anda menginginkan hasil yang lebih akurat dan lengkap, disarankan untuk menggunakan Turnitin versi berbayar atau mencoba alternatif lain seperti layanan parafrase Turnitin terbaik di Indonesia.

 

Evaluasi Plagiat dalam Kutipan dan Referensi

Bagian ini akan membahas panduan langkah demi langkah untuk menggunakan Turnitin guna mengevaluasi apakah kutipan dan referensi di dalam tulisan Anda merupakan plagiarisme atau bukan.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke akun Turnitin Anda.
  2. Pilih opsi “New Submission” di menu “Submit”.
  3. Pilih opsi “Single File Upload”.
  4. Pilih berkas tulisan yang ingin Anda cek plagiatnya.
  5. Pilih opsi “Exclude Quotations” pada menu “Optional Settings”.
  6. Klik “Submit”.
  7. Tunggu hingga file Anda diproses.
  8. Klik “View Similarity Report” untuk melihat laporan plagiarisme.

Dalam laporan plagiarisme, Turnitin akan menunjukkan persentase kesamaan antara tulisan Anda dengan sumber lain. Anda dapat mengevaluasi kutipan atau referensi yang disorot dalam laporan untuk memastikan apakah sudah dilakukan dengan benar atau masih terindikasi sebagai plagiarisme.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur “Exclude Bibliography” pada menu “Optional Settings” untuk mengevaluasi plagiat dalam referensi yang ada di dalam karya tulis Anda.

Dengan menggunakan cara ini, Anda dapat memastikan bahwa kutipan dan referensi Anda sudah dilakukan dengan benar dan bebas dari plagiarisme.

 

Mengatasi Permasalahan Turnitin dan Solusinya

Ketika menggunakan Turnitin, mungkin Anda akan mengalami beberapa masalah teknis seperti tidak dapat mengunggah file atau tidak bisa memasukkan kata sandi. Kami telah menyusun beberapa solusi untuk masalah umum yang mungkin terjadi:

Permasalahan Solusinya
Sulit mengunggah file Pastikan Anda telah mengunggah file dengan format yang didukung oleh Turnitin dan ukuran file tidak melebihi batas yang ditentukan oleh sistem. Cek juga koneksi internet Anda.
Tidak dapat memasukkan kata sandi Pastikan Anda memasukkan kata sandi dengan benar. Jika masih gagal, coba reset kata sandi Anda.
File yang diunggah tidak dapat diproses Cek apakah file Anda memiliki format yang sesuai dengan yang didukung oleh Turnitin. Jika masih gagal, coba konversi file Anda ke format yang didukung.

Jika masalah teknis yang Anda alami tidak tercantum di atas atau solusi di atas tidak berhasil, silakan hubungi tim dukungan teknis Turnitin untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Selain masalah teknis, Anda juga mungkin mengalami masalah dengan hasil deteksi plagiarisme. Jika hasilnya tidak sesuai dengan yang Anda harapkan, hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor:

“Jangan lupa bahwa hasil deteksi plagiarisme hanyalah petunjuk, dan bukan penilaian akhir. Perlu juga dipertimbangkan bahwa Turnitin hanya dapat mendeteksi plagiarisme dari sumber yang telah diindeks dalam database mereka.”

Jika Anda masih merasa bingung tentang hasil deteksi plagiarisme yang Anda terima, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan pengajar atau dosen Anda.

 

Kesimpulan

Setelah tahu cara Mengecek Plagiarisme Di Turnitin Versi Gratis, Anda sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara mengecek plagiarisme menggunakan Turnitin secara gratis. Kami telah menjelaskan apa itu Turnitin dan cara mendaftar serta menggunakan platform ini. Kami juga memperkenalkan alternatif lain untuk mengecek plagiarisme dan memberikan tips efektif untuk mencegah plagiat.

Kami juga menyoroti pentingnya menulis orisinal dan menjelaskan sanksi-sanksi yang mungkin dihadapi jika terbukti melakukan plagiarisme. Kami juga memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mengevaluasi kutipan dan referensi di dalam tulisan Anda menggunakan fitur Turnitin.

Jika Anda mengalami kesulitan saat menggunakan Turnitin, kami telah memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan yang umum terjadi. Kami harap informasi yang kami sampaikan dapat membantu Anda menghindari plagiarisme dan menghasilkan karya tulis yang orisinal.


Alternatif Lain untuk Mengecek Plagiarisme

Selain menggunakan Turnitin, kami ingin memperkenalkan layanan parafrase Turnitin terbaik di Indonesia yang dapat membantu Anda untuk menghindari plagiat.

Jasa parafrse dan cek Turnitin

Layanan Cek Turnitin dan Parafrase

Layanan cek Turnitin dan parafrase terbaik di Indonesia, Kami dapat membantu anda dalam pengecekan turnitin dangan biaya 5 Ribu, dan setelah mendapatkan hasil persentase tunitin anda juga bisa menggunakan layanan jasa parafrase dengan harga murah dan cepat.

Bagikan artikel :

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Lainnya

jasa pembuatan dan publikasi jurnal

bisanugas@gmail.com