Bisanugas

Cara Buat Jurnal Skripsi & Tesis: Hingga Layak Diterbitkan

cara membuat jurnal skripsi

Daftar Isi

Membuat jurnal skripsi dan tesis adalah tahapan penting dalam studi Anda yang tidak hanya membantu Anda mengembangkan keterampilan penelitian yang baik, tetapi juga mempengaruhi hasil studi juga peluang dalam karir akademik dan profesional yang akan datang. Dalam postingan ini,

kita akan membahas langkah-langkah dan metode kunci bagi Anda untuk membuat jurnal skripsi dan tesis yang efektif, berkualitas, dan layak diterbitkan.

cara buat jurnal skripsi

Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan tahu proses membuat jurnal skripsi dan tesis dengan lebih percaya diri, mengelola waktu dan sumber daya dengan lebih baik, serta menyajikan temuan Anda dalam konteks yang komprehensif kepada pembaca Anda.

Mulai dari memilih topik yang relevan, mengembangkan metodologi penelitian yang sesuai, hingga merancang dan menyusun setiap bagian dari jurnal skripsi dan tesis, panduan ini akan membekali Anda dengan alat yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan dalam pencapaian akademik terpenting ini.

 

Pentingnya Buat Jurnal Skripsi dan Tesis

Sebelum kita melompat ke proses pembuatan jurnal, penting untuk memahami kepentingan pengerjaan skripsi dan tesis dalam perjalanan studi Anda. Skripsi dan tesis tidak hanya merupakan tugas akhir dari studi Anda, tetapi juga sebagai pijakan penting dalam dunia akademik dan profesional.

Jurnal skripsi dan tesis merpupakan refleksi langsung dari kualitas dan kuantitas pengetahuan yang telah Anda peroleh selama tahun-tahun studi. Mereka adalah bukti dari kemampuan kritis, analitis, dan penulisan Anda. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana Anda menerapkan pengetahuan dan skill di bidang studi Anda.

Skripsi dan tesis juga berfungsi untuk menambah pengetahuan dan literatur di bidang Anda. Temuan dan penelitian Anda dapat menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut oleh peneliti lainnya. Karena itu, pentingnya membuat skripsi dan tesis yang baik tidak bisa dipandang sebelah mata.

Dengan mengetahui pentingnya skripsi dan tesis, motivasi dan dedikasi Anda dalam menulis jurnal akan menjadi lebih besar. Strategi dan metode yang tepat dapat menjadi landasan untuk menulis jurnal skripsi dan tesis yang berkualitas.

Ini akan menjadi perjalanan yang panjang dan menantang, tetapi dengan panduan yang tepat, Anda pasti bisa melaluinya dengan sukses. Lanjutkan membaca untuk memahami lebih baik bagaimana cara membuat jurnal skripsi dan tesis yang baik dan layak diterbitkan.

 

Menentukan Topik dan Pertanyaan Penelitian

Langkah pertama dalam memulai buat jurnal skripsi atau tesis Anda adalah menentukan topik dan pertanyaan penelitian. Topik yang baik harus relevan, unik, dan memiliki ruang untuk eksplorasi dan diskusi yang mendalam. Berikut beberapa langkah untuk menentukan topik dan pertanyaan penelitian:

  1. Memilih Area Studi atau Konsentrasi: Mulailah dengan memilih area studi atau konsentrasi yang menarik dan relevan bagi Anda. Hal ini bisa berhubungan dengan studi Anda sebelumnya, pekerjaan atau magang, atau isu-isu terkini di bidang tersebut.
  2. Diskusi dan Konsultasi dengan Dosen Pembimbing: Berikan beberapa ide atau minat yang Anda miliki kepada dosen pembimbing. Mereka dapat memberikan masukan berharga dan memandu Anda ke topik yang lebih spesifik berdasarkan pengetahuan dan pengalaman mereka.
  3. Menulis Daftar Pertanyaan Potensial: Buatlah daftar pertanyaan penelitian yang berhubungan dengan topik yang telah Anda tentukan. Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda mempertajam fokus penelitian dan memandu Anda selama proses penelitian.
  4. Menilai dan Refining Pertanyaan Penelitian: Evaluasi pertanyaan-pertanyaan Anda berdasarkan kriteria seperti relevansi, originalitas, dan keberlanjutan. Pastikan bahwa pertanyaan penelitian Anda jelas dan dapat dijawab dengan metode penelitian yang Anda pilih.

Pertanyaan penelitian yang baik harus mendorong analisis dan pemikiran kritis, memberikan nilai tambah bagi bidang studi, dan dapat diakses melalui metode penelitian yang telah ditentukan. Ingatlah bahwa menentukan topik dan pertanyaan penelitian adalah langkah penting pertama dalam merancang jurnal skripsi dan tesis yang sukses.

 

Metodologi Penelitian: Rancang dan Strategi Anda

Setelah Anda menentukan topik dan pertanyaan penelitian, langkah berikutnya adalah merancang metodologi penelitian Anda. Metodologi penelitian adalah strategi dan proses yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu Anda menentukan metodologi penelitian yang tepat:

  1. Jenis Penelitian: Pertimbangkan apakah penelitian Anda akan bersifat kualitatif, kuantitatif, atau kombinasi keduanya. Penelitian kualitatif lebih fokus pada deskripsi dan interpretasi kontekstual, sedangkan penelitian kuantitatif melibatkan pengumpulan dan analisis data numerik.
  2. Pendekatan Penelitian: Pilih pendekatan penelitian yang sesuai dengan topik dan pertanyaan Anda. Misalnya, Anda bisa melakukan studi kasus, survey, eksperimen, observasi, atau wawancara.
  3. Pengumpulan Data: Tentukan metode pengumpulan data Anda. Ini bisa berupa kuesioner, wawancara, observasi lapangan, atau analisis dokumen dan catatan.
  4. Analisis Data: Plan bagaimana Anda akan menganalisis data hasil penelitian. Jika penelitian Anda bersifat kuantitatif, Anda mungkin memerlukan analisis statistik. Untuk penelitian kualitatif, Anda mungkin menganalisis data teks dan melakukan interpretasi tematik atau pemetaan konseptual.
  5. Validitas dan Keandalan: Pertimbangkan bagaimana Anda akan memastikan kevalidan dan keandalan hasil penelitian Anda. Anda mungkin perlu melakukan triangulasi, atau penggunaan beberapa metode atau sumber data, untuk meningkatkan keyakinan pada temuan Anda.

Merancang dan menerapkan metodologi penelitian yang tepat sangat penting untuk dapat menjawab pertanyaan penelitian Anda dan mencapai tujuan penelitian. Jadi, metode yang baik harus didefinisikan dengan jelas, logis, dan dapat dipertahankan. Selalu ingat bahwa tujuan utama Anda adalah menerapkan metode yang akan memungkinkan Anda menghasilkan data yang paling akurat dan berarti.

 

Teknik Penulisan Efektif untuk Jurnal Skripsi dan Tesis

Membuat jurnal skripsi dan tesis yang efektif melibatkan penyampaian informasi dan penemuan penelitian Anda dengan cara yang jelas, ringkas, dan logis. Berikut adalah beberapa teknik penulisan yang dapat membantu Anda dalam proses penulisan jurnal skripsi dan tesis:

1. Struktur dan Organisasi

  • Buatlah kerangka kerja atau outline yang mencakup bagian utama dari jurnal, seperti Abstrak, Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Metodologi, Hasil, Analisis dan Diskusi, serta Kesimpulan dan Saran.
  • Pastikan setiap bagian memiliki alur yang logis dan konsisten, serta transisi yang mulus antara bagian satu ke bagian lainnya.

2. Gaya Penulisan

  • Gunakan gaya penulisan yang formal, objektif, dan ringkas.
  • Hindari penggunaan slang, jargon, atau frase idiomatik yang tidak sesuai dengan konteks akademik.
  • Jaga keseragaman dalam penggunaan waktu, tanda baca, bahasa, dan format penomoran.

3. Paraphrasing dan Kutipan

  • Ketika menyajikan informasi dan ide dari sumber lain, usahakan untuk mengekspresikan kembali dengan kata-kata Anda sendiri (paraphrasing).
  • Gunakan tanda kutip dan referensi yang tepat saat mengutip langsung dari sumber.
  • Selalu ikuti gaya pengutipan yang dianjurkan oleh institusi atau bidang studi Anda, contohnya: APA, MLA, atau Chicago.

4. Menghindari Plagiarisme

  • Pastikan bahwa Anda memberikan pengakuan yang layak kepada pekerjaan dan ide sumber asli.
  • Gunakan perangkat lunak atau alat pemeriksa plagiarisme untuk memeriksa keaslian naskah Anda sebelum menyerahkannya.

5. Revisi dan Koreksi

  • Setelah menyelesaikan draft naskah jurnal, luangkan waktu untuk merevisi dan mengedit.
  • Kritis terhadap struktur, logika, dan kelengkapan tulisan Anda.
  • Periksa kesalahan tata bahasa, tanda baca, dan ejaan.
  • Pertimbangkan untuk meminta saran dan umpan balik dari dosen pembimbing, rekan-rekan, atau penulis berpengalaman dalam bidang Anda.

Dengan mengikuti teknik-teknik penulisan ini, Anda akan meningkatkan kemampuan Anda dalam menyusun jurnal skripsi dan tesis yang efektif, jelas, dan profesional. Ingat bahwa kualitas jurnal Anda akan mencerminkan kemampuan analisis, penelitian, dan komunikasi Anda, serta memberikan kontribusi yang berharga pada bidang studi Anda.

 

Penulisan Bagian-Bagian Jurnal: Dari Abstrak hingga Kesimpulan

Jurnal skripsi dan tesis umumnya dibagi menjadi beberapa bagian utama, yaitu: Abstrak, Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Metodologi, Hasil dan Diskusi, serta Kesimpulan. Berikut adalah cara efektif untuk menulis bagian-bagian tersebut:

1. Abstrak

Abstrak adalah sinopsis singkat dari seluruh penelitian Anda. Artinya, ia harus mencakup tujuan penelitian, metodologi yang digunakan, temuan utama, dan kesimpulan. Dengarkan pembaca Anda dengan memberikan gambaran umum namun informatif tentang penelitian Anda dalam 150 sampai 250 kata.

2. Pendahuluan

Pendahuluan mencakup latar belakang masalah, pernyataan masalah, tujuan penelitian, dan pertanyaan penelitian. Buatlah pembaca tertarik dan tunjukkan relevansi dan pentingnya topik Anda.

3. Tinjauan Pustaka

Ini adalah bagian di mana Anda melaporkan penelitian sebelumnya terkait topik Anda. Suguhkan analisis mendalam dan sintesis literatur yang relevan, tunjukkan gap penelitian yang akan diisi oleh penelitian Anda.

4. Metodologi

Di bagian ini, jelaskan secara rinci tentang pendekatan, instrumen, prosedur, dan teknik analisis data yang digunakan. Rancangan metodologi harus dapat diulangi oleh peneliti lain.

5. Hasil dan Diskusi

Hasil penelitian adalah fakta-fakta yang ditemukan dari data, disajikan dalam bentuk teks, tabel, atau gambar. Diskusi adalah interpretasi terhadap hasil tersebut, di mana Anda menjawab pertanyaan penelitian dan mengaitkannya dengan teori atau penelitian sebelumnya.

6. Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan adalah jawaban singkat dan rinci untuk pertanyaan penelitian, berdasarkan hasil dan diskusi. Sementara itu, saran mencakup implikasi penelitian untuk teori, praktik, dan penelitian masa depan.

Masing-masing bagian ini memiliki peran penting dan memberikan kontribusi langsung terhadap kualitas jurnal skripsi dan tesis Anda. Jadi, gunakan waktu Anda dengan bijak untuk merancang dan menulis setiap bagian dengan sebaik-baiknya.

 

Teknik Revisi dan Proofreading

Revisi dan proofreading adalah bagian kunci dari proses penulisan dan bisa sangat membantu dalam meningkatkan kualitas dan kejelasan tulisan Anda. Berikut adalah beberapa teknik yang bisa Anda gunakan:

1. Istirahat Sejenak

Setelah menyelesaikan draft tulisan, istirahatlah sejenak sebelum memulai proses revisi. Jeda ini dapat membantu Anda melihat tulisan Anda dengan perspektif yang segar dan lebih objektif.

2. Baca Draft Anda Dengan Keras

Membaca naskah secara keras bisa membantu Anda menangkap kesalahan penulisan dan kalimat yang tidak lancar yang mungkin tidak Anda sadari saat membaca dalam pikiran saja.

3. Cek Struktur dan Organisasi

Perhatikan struktur keseluruhan tulisan Anda dan pastikan setiap bagian mengikuti alur yang jelas dan logis. Setiap paragraf harus memiliki ide utama dan setiap kalimat harus mendukung ide tersebut.

4. Hati-hati Dengan Gaya Penulisan

Pastikan Anda menggunakan gaya penulisan yang tepat untuk konteks akademik dan disiplin tertentu. Hindari menggunakan bahasa yang tidak formal atau jargon yang bisa membingungkan pembaca.

5. Ulangi Cek Referensi dan Kutipan

Cross-check referensi dan kutipan Anda dengan sumber aslinya untuk memastikan akurasi dan untuk menghindari plagiarisme.

6. Periksa Tata Bahasa, Ejaan, dan Tanda Baca

Gunakan tool seperti Grammarly atau Microsoft Word untuk mengecek kesalahan tata bahasa, ejaan, dan tanda baca. Namun, ingatlah bahwa tool tersebut tidak sempurna, jadi selalu lakukan pengecekan manual Anda sendiri.

7. Minta Bantuan Orang Lain

Terakhir, mintalah teman, rekan kerja, atau pembimbing Anda untuk membaca dan memberikan masukan untuk naskah Anda. Mereka mungkin akan melihat hal-hal yang mungkin terlewat oleh Anda.

Revisi dan proofreading adalah langkah penting dalam proses penulisan dan wajib dilakukan sebelum naskah final disubmit. Mengabdi waktu dan upaya pada tahap ini akan sangat berarti dalam peningkatan kualitas penelitian Anda.

 

Kesimpulan

Membuat jurnal skripsi dan tesis membutuhkan keterampilan penulisan akademik yang baik dan pemahaman mendalam tentang subjek penelitian. Dari memilih topik, merumuskan pertanyaan penelitian, menyelesaikan tinjauan literatur, memilih metodologi, hingga menulis dan merevisi naskah, setiap tahap dalam proses penelitian ini membutuhkan waktu, keahlian, dan upaya yang signifikan.

Namun, dengan perencanaan yang tepat dan menggunakan teknik penulisan yang efektif, Anda bisa menyusun dan membuat jurnal skripsi dan tesis yang jelas, koheren, dan kuat secara akademik. Dengan demikian, Anda tidak hanya dapat menghasilkan pekerjaan yang memenuhi standar akademik tinggi, namun juga memberikan kontribusi yang berarti pada pengetahuan dalam bidang spesifik Anda.

Ingatlah bahwa penulisan adalah proses dan membutuhkan banyak latihan dan revisi. Jangan takut untuk meminta umpan balik dan bantuan ketika Anda membutuhkannya, dan terus belajar dan mengembangkan keterampilan penulisan Anda sepanjang waktu.

Alhasil, jangan lihat tugas ini sebagai beban, tetapi sebagai kesempatan untuk belajar, tumbuh, dan menunjukkan apa yang Anda bisa. Selamat menulis!

Bagikan artikel :

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Lainnya

jasa pembuatan dan publikasi jurnal

bisanugas@gmail.com