Bisanugas

Urgensi Penelitian: Berikut Contoh dan Analoginya

urgensi penelitian adalah

Daftar Isi

Halo semua sahabat bisanugas.com, bagaimana kabar penelitian kalian? Kali ini, kita akan sedikit berbicara tentang urgensi penelitian. Kata “urgensi” mungkin terdengar berat, bukan? Tapi jangan khawatir, kita akan membahasnya dengan gaya bahasa yang santai dan sederhana!

 

Urgensi Penelitian

 

Apa Itu Urgensi Penelitian?

Urgensi penelitian seringkali diartikan sebagai alasan mendasar mengapa penelitian itu perlu dilakukan. Urgensi ini memiliki peran penting dalam menentukan arah dan tujuan penelitian, bahkan membantu merumuskan hipotesis. Singkatnya, tanpa urgensi, penelitian kita mungkin akan seperti kapal tanpa tujuan.

 

Menemukan Urgensi pada Penelitian

Elemen utama dalam menemukan urgensi sebuah penelitian adalah dengan mempertanyakan “mengapa penelitian ini perlu?” dan “siapa yang akan diuntungkan dari penelitian ini?”. Jawaban dari pertanyaan tersebut akan membantu menentukan nilai atau urgensi penelitian tersebut.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menemukan urgensi penelitian, misalnya melakukan survei literatur, mencari gap pengetahuan yang ada, atau melihat kebutuhan masyarakat sekitar.

 

Aspek dalam Menemukan Urgensi

Terlepas dari metodenya, berikut ini beberapa aspek yang dapat kita perhatikan dalam menemukan urgensi pada penelitian:

  1. Konteks: Pertama-tama, kita perlu memahami konteks di mana penelitian akan dilakukan. Ini bisa melibatkan isu sosial, politik, ekonomi, atau budaya yang relevan dengan penelitian kita.
  2. Kebaruan: Urgensi pada penelitian seringkali berkaitan dengan tema atau topik yang belum banyak dipelajari. Penelitian yang inovatif tentu lebih menarik dibanding penelitian yang hanya meniru penelitian sebelumnya.
  3. Nilai Praktis: Penelitian yang memiliki urgensi biasanya memiliki dampak praktis, yang artinya hasil penelitian akan memiliki manfaat langsung bagi masyarakat atau hal lain.
  4. Kontribusi Teoritis: Terkadang, urgensi pada penelitian terletak pada kontribusi teoritis. Penelitian ini bisa menghasilkan pemikiran baru dalam teori atau konsep yang bersangkutan.

 

Menemukan Urgensi Penelitian dengan Pohon Masalah

Salah satu metode untuk mengidentifikasi urgensi penelitian adalah menggunakan Pohon Masalah. Pohon masalah adalah alat yang membantu kita mengidentifikasi dan menggali masalah dan solusi dalam suatu konteks.

Beginilah cara menggunakan pohon masalah:

  1. Identifikasi masalah utama
  2. Analisis penyebab (akar) masalah
  3. Analisis akibat (dampak) masalah

Dalam konteks penelitian, kita bisa menggunakan pohon masalah untuk menemukan area penelitian atau isu spesifik yang memiliki urgensi tinggi.

 

Cara Menemukan Urgensi Penelitian

Membaca karya tulis ilmiah orang lain juga bisa membantu kita dalam menemukan urgensi sebuah penelitiannya. Biasanya, penulis akan menyebutkan urgensi dari penelitian mereka pada bagian pengantar atau pendahuluan.

Jadi, ketika membaca karya tulis ilmiah, perhatikan bagian pendahuluan dan temukan jawaban dari pertanyaan “mengapa penulis melakukan penelitian ini?” dan “siapa yang diuntungkan dari hasil penelitian ini?”.

 

Menemukan Urgensi Penelitian: pada peneliti terdahulu

Berikut adalah contoh tabel untuk menunjukkan bagaimana kita dapat menemukan urgensi dari penelitian dengan menggunakan pendekatan yang telah dijelaskan sebelumnya:

Judul Penelitian Urgensi
“Pengaruh Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Konsumen” Untuk membantu pemasar memahami pengaruh media sosial terhadap perilaku konsumen dan merancang strategi pemasaran yang efektif
“Peran Pendidikan Seksual dalam Mengurangi Tingkat Kehamilan Remaja” Untuk mengetahui efektifitas pendidikan seksual dalam mencegah kehamilan remaja, yang bisa digunakan oleh pendidik dan pembuat kebijakan

 

Contoh Urgensi Penelitian pada Artikel Ilmiah

Mari kita lihat contoh dengan mengambil salah satu judul karya tulis ilmiah di atas, yaitu “Pengaruh Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Konsumen”.

Dalam hal ini, urgensinya dapat dijelaskan seperti ini: “Diperkirakan bahwa jumlah pengguna media sosial di dunia akan mencapai 3.43 miliar pada tahun 2023. Oleh karena itu, memahami bagaimana media sosial mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sangat penting untuk membantu bisnis memanfaatkan platform ini dengan efektif.”

Dengan demikian, menemukan urgensi pada penelitian bukanlah konsep yang menakutkan atau rumit. Itu adalah elemen penting dari penelitian yang memandu kita tentang mengapa, untuk siapa, dan bagaimana kita melakukan penelitian kita. Jadi, selamat mengeksplorasi dan menemukan urgensi dalam penelitian kalian!

Lihat Juga: 50 Contoh Judul Karya Tulis Ilmiah Terbaik dan menarik

 

Studi Kasus: Urgensi Penelitian dalam Bidang Kesehatan

Mari ambil contoh karya tulis ilmiah tentang “Cara Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien Diabetes Melitus”. Urgensi penelitian bisa kita temukan melalui beberapa aspek, berikut:

  1. Konteks: Diabetes melitus adalah penyakit yang seringkali menjadi perhatian banyak karena jumlah penderitanya yang terus meningkat.
  2. Nilai Praktis: Menemukan cara meningkatkan kualitas hidup pasien diabetes melitus dapat membantu pasien merasakan perubahan langsung dari upaya penelitian yang dilakukan.
  3. Kontribusi Teoritis: Penelitian ini bisa menghasilkan pemikiran baru dalam bidang kesehatan mengenai bagaimana cara mengelola sejumlah penyakit kronis seperti diabetes melitus.

 

Baca Juga: Karya Ilmiah tentang Kesehatan, dan contoh topik yang berkualitas

 

Demikian berbagai aspek dalam menemukan urgensi penelitian dan penggunaan pohon masalah serta studi kasus sebagai contoh. Semoga penjelasan ini menambah wawasan dan memudahkan kamu dalam menemukan urgensi di penelitianmu. Selamat mencoba!

 

Mungkin anda membutuhkan layanan: Jasa Pembuatan Karya Ilmiah

 

Urgensi Penelitian

Bagikan artikel :

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Lainnya

jasa pembuatan dan publikasi jurnal

bisanugas@gmail.com