Bisanugas

NVivo adalah ? fungsi & kegunaan | Jasa NVivo Profesional

nvivo adalah

Daftar Isi

NVivo adalah perangkat lunak (software) yang digunakan untuk analisis data kualitatif dalam penelitian sosial, ilmu sosial, ilmu humaniora, dan berbagai bidang lainnya. Perangkat lunak ini dikembangkan oleh perusahaan QSR International dan dirancang untuk membantu peneliti dalam mengorganisir, menganalisis, dan memahami data kualitatif seperti wawancara, transkripsi, teks, video, audio, dan dokumen teks lainnya.

Sebelum masuk pembahasan tentang NVivo adalah ? , fungsi dan kegunaanya.  Kami sebagai admin bisanugas ingin memberikan informasi jika Anda ingin berkonsultasi dan pertanyaan mengenai jasa olah data dan tugas akademik lainya.

bisanugas konsultasi

Fungsi utama Nvivo 

  1. Pengorganisasian Data
    NVivo memungkinkan pengguna untuk mengimpor berbagai jenis data kualitatif dan mengorganisirnya dalam proyek-proyek yang terstruktur.
  1. Kode dan Anotasi Data
    Dengan NVivo, peneliti dapat membuat kode atau label untuk bagian-bagian penting dari data mereka. Ini membantu dalam mengidentifikasi pola, tema, dan hubungan dalam data.
  1. Analisis Teks
    NVivo memungkinkan analisis teks yang mendalam, termasuk pencarian kata kunci, pemodelan konsep, dan visualisasi hasil analisis.
  1. Integrasi Data
    Anda dapat mengintegrasikan berbagai jenis data, seperti transkripsi wawancara, dokumen teks, gambar, dan video, dalam satu tempat.
  1. Visualisasi Data
    Perangkat lunak ini menyediakan berbagai alat visualisasi, seperti diagram jaringan, pohon konsep, dan diagram tema, untuk membantu peneliti memahami data secara lebih baik.
  2. Kolaborasi
    NVivo juga memfasilitasi kolaborasi antara peneliti dengan fitur-fitur berbagi proyek dan akses bersama ke data.

 

NVivo adalah Tools Software yang dapat digunakan dalam berbagai bidang penelitian, termasuk sosiologi, antropologi, ilmu politik, pendidikan, kesehatan, dan banyak lagi. Ini membantu peneliti menjalankan analisis yang lebih sistematis dan mendalam pada data kualitatif mereka, memungkinkan mereka untuk menemukan pola-pola yang mungkin tersembunyi dan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang topik penelitian mereka.

Bedanya SPSS dan NVivo adalah ?

Mungkin Ada yang bingung apa perbedaan dasar anatara NVivo dan SPSS, berikut ini adalah informasi singkan dari bisanugas :

NVivo dan SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) adalah dua perangkat lunak yang digunakan dalam konteks penelitian, tetapi mereka memiliki tujuan yang berbeda dan berfokus pada jenis analisis yang berbeda :

1. Tujuan Utama

NVivo: NVivo adalah alat yang digunakan untuk analisis data kualitatif. Ini berarti NVivo digunakan untuk memahami dan mengeksplorasi data teks, gambar, audio, dan video, serta untuk mengidentifikasipola, tema, dan konsep dalam data kualitatif.

SPSS: SPSS, di sisi lain, adalah perangkat lunak statistik yang digunakan untuk analisis data kuantitatif. Ini digunakan untuk menghitung statistik deskriptif, melakukan analisis inferensial, dan menguji hipotesis pada data berbasis angka seperti survei, skala penilaian, dan data kuantitatif lainnya.

2.Jenis Data

NVivo: NVivo cocok untuk data non-terstruktur seperti wawancara, transkripsi, laporan naratif, dan data kualitatif lainnya.

SPSS: SPSS lebih cocok untuk data terstruktur yang berbentuk angka seperti data survei, pengukuran, dan eksperimen.

3.Fungsi Analisis

NVivo: NVivo menyediakan alat-alat untuk mengorganisir, mengkode, dan menganalisis data kualitatif, termasuk analisis teks, pemodelan konsep, dan visualisasi data kualitatif.

SPSS: SPSS memiliki beragam alat statistik untuk melakukan analisis statistik seperti uji t, analisis varians (ANOVA), regresi, analisis faktor, dan lain-lain pada data kuantitatif.

4.Penekanan pada Visualisasi

NVivo: NVivo memiliki fokus pada visualisasi data kualitatif dengan alat seperti diagram jaringan, pohon konsep, dan diagram tema.

SPSS: SPSS lebih fokus pada statistik deskriptif dan inferensial daripada visualisasi data.

5.Pemahaman Hasil

NVivo: NVivo adalah alat yang di fokusnkan untuk membantu peneliti memahami makna dan konteks dalam data kualitatif serta mengidentifikasi pola, tema, dan narasi.

SPSS: SPSS membantu peneliti mengidentifikasi hubungan statistik dan menguji hipotesis pada data kuantitatif.

Kesimpulannya, SPSS dan NVivo adalah dua perangkat lunak yang berbeda yang digunakan dalam konteks penelitian, dengan NVivo lebih berfokus pada analisis data kualitatif dan SPSS lebih berfokus pada analisis data kuantitatif. Pilihan antara keduanya tergantung pada jenis data yang Anda miliki dan jenis analisis yang ingin Anda lakukan dalam penelitian Anda.

Apakah NVivo Software Gratis ?

NVivo adalah perangkat lunak berbayar dan tidak tersedia secara gratis. NVivo memiliki beberapa versi, termasuk NVivo for Windows dan NVivo for Mac, serta opsi lisensi yang berbeda, seperti lisensi individu dan lisensi institusi.

Anda perlu membeli lisensi NVivo atau mengaksesnya melalui langganan berbayar untuk dapat menggunakannya. Harga lisensi NVivo dapat bervariasi tergantung pada versi dan jenis lisensi yang Anda pilih. Untuk informasi lebih lanjut tentang harga dan opsi lisensi NVivo yang tersedia, Anda dapat mengunjungi situs web resmi QSR International atau menghubungi distributor resmi mereka.

Langkah-Langakh Umum menggunakan NVivo

Menggunakan NVivo adalah untuk analisis data kualitatif melibatkan beberapa langkah yang kompleks. Di bawah ini, bisanugas akan memberikan panduan umum langkah-langkah untuk memulai dengan NVivo. Namun, perlu diingat bahwa ini adalah panduan umum, dan penggunaan NVivo dapat sangat bervariasi tergantung pada jenis data dan tujuan penelitian Anda. Pastikan untuk merujuk ke dokumentasi resmi NVivo atau mendapatkan pelatihan tambahan jika diperlukan.

1.Instalasi dan Aktivasi NVivo

  • Pertama, unduh dan instal NVivo sesuai dengan sistem operasi komputer Anda (Windows atau Mac).
  • Aktivasi lisensi NVivo Anda jika belum dilakukan saat instalasi.

2.Buat Proyek Baru

  • Buka NVivo dan buat proyek baru untuk penelitian Anda. Proyek ini akan menjadi tempat Anda akan mengimpor, mengorganisir, dan menganalisis data Anda.

3.Impor Data

  • Impor semua data kualitatif yang akan Anda analisis ke dalam proyek NVivo. Data dapat berupa teks, transkripsi, gambar, audio, video, atau dokumen lainnya.

4.Kode Data

  • Buat kode-kode yang akan Anda gunakan untuk mengidentifikasi tema, konsep, atau pola dalam data Anda.
  • Kodekan bagian-bagian dari data yang relevan dengan setiap kode.

5.Analisis Data

  • Gunakan berbagai alat analisis NVivo, seperti pencarian teks, diagram tema, atau visualisasi jaringan, untuk menganalisis data Anda.
  • Identifikasi pola, hubungan, dan temuan dalam data Anda.

6.Mengembangkan Model Konseptual (Opsional)

  • Jika Anda ingin mengembangkan model konseptual atau teoretis, Anda dapat menggunakan NVivo untuk membantu dalam proses ini.
  • Buat diagram atau pohon konsep yang menjelaskan hubungan antara variabel atau konsep yang Anda teliti.

7.Rapikan Hasil Analisis

  • Rapikan hasil analisis Anda dan buat laporan atau presentasi berdasarkan temuan Anda.

8.Kolaborasi (Jika Diperlukan)

  • Jika Anda bekerja dalam tim, Anda dapat menggunakan fitur kolaborasi NVivo untuk berbagi proyek dan data dengan rekan tim Anda.

9.Ekspor Hasil

  • Ekspor hasil analisis Anda ke dalam berbagai format, seperti dokumen Word, Excel, atau PowerPoint, untuk melaporkan temuan Anda.

10.Backup Data

  • Selalu pastikan untuk membuat cadangan proyek NVivo Anda secara teratur untuk menghindari kehilangan data.

11.Pelajari Lebih Lanjut

  • Pelajari fitur-fitur lebih lanjut dari NVivo yang mungkin relevan dengan penelitian Anda, seperti analisis sentimen, visualisasi data, atau integrasi data dari berbagai sumber.

Penting untuk diingat bahwa NVivo adalah alat yang kuat untuk analisis data kualitatif, tetapi diperlukan waktu dan latihan untuk menguasainya sepenuhnya. Jika Anda baru mengenal NVivo, mempertimbangkan untuk mengikuti pelatihan atau tutorial yang tersedia atau merujuk ke sumber daya dokumen resmi NVivo untuk mendapatkan panduan yang lebih mendalam.

Apakah ada jasa olah data dengan Nvivo di Indonesia ?

Jawabanya adalah ADA ! Karena NVivo adalah tools analisis data penelitian yang membutuhkan waktu untuk mempelajarinya maka Anda wajib mencari jasa untuk olah data yang terpercaya dan memiliki portofolio yang meyakinkan.

Harga Jasa Olah Data


SPSS

Rp. 150.000 – Rp. 500.000 (Menyesuaikan Data)

SMART-PLS

Rp.350.000 – Rp. 600.000 (Menyesuaikan Data)

NVivo

Rp. 650.000 – Rp. 1.200.000 (Menyesuaikan Data)

bisa nugas

Dimana saya mencari Jasa untuk olah data menggunakan Nvivo ?

Anda sudah berada pada webiste yang tepat. ! Kami bisanugas adalah layanan jasa olah data menggunakan Nvivo dan tools lainnya, kami memiliki Tim professional di bidang analisis dan olah data penelitian.

Lihat juga : Jasa Olah Data menggunakan SEM | Jasa olah data skripsi

ATAU Layanan lain | Jasa Pembuatan Jurnal | Jasa pembuatan Buku  |NVivo Adalah

Bagikan artikel :

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Lainnya

jasa pembuatan dan publikasi jurnal

bisanugas@gmail.com