Bisanugas

Struktur dan Fungsi Artikel Karya Ilmiah

artikel karya ilmiah

Daftar Isi

Jika Anda mendengar mengenai artikel karya ilmiah, pasti yang ada dipikiran Anda adalah tulisan dalam bentuk publikasi ilmiah yang biasanya umum digunakan di dunia penelitian dan akademis.

 

konsultasi bisanugas

 

Pada artikel berikut ini, kami akan mengulas artikel karya ilmiah mulai dari pengertian, fungsi, struktur, dan tips memilihnya yang harus Anda ketahui untuk keperluan akademis Anda.

 

Apa Itu Artikel Karya Ilmiah?

Merupakan sebuah tulisan yang mengikuti aturan dan metode ilmiah dalam sebuah penelitian, pengembangan gagasan, atau eksplorasi dari suatu topik tertentu. Jenis artikel ini biasanya disusun oleh peneliti, ilmuwan, atau akademisi, untuk membagikan pengetahuan, hasil penelitian, analisis, atau pemahaman mereka mengenai suatu subjek tertentu kepada komunitas ilmiah atau masyarakat umum.

 

Fungsi Artikel Karya Ilmiah

Fungsi artikel karya ilmiah sendiri mempunyai berbagai macam yang penting dalam konteks ilmu pengetahuan, penelitian, dan perkembangan masyarakat. Berikut ini beberapa fungsi utama yang harus Anda ketahui.

1. Dokumentasi Penelitian

Artikel karya ilmiah biasanya mencatat secara rinci sebuah metodologi, data, dan hasil penelitian, yang mana memungkinkan penelitian tersebut bisa diperiksa, direplikasi, atau diperluas oleh peneliti lain. Hal ini tentunya mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan memastikan integritas penelitian.

2. Sumber Pengetahuan

Jenis artikel ini juga berfungsi sebagai alat untuk menyampaikan pengetahuan baru, temuan, atau pemahaman dalam berbagai lingkup bidang ilmu kepada komunitas ilmiah dan masyarakat umum. Tentunya hal ini membantu dalam penyebaran informasi yang berharga dan penting.

3. Perbandingan dan Analisis

Kehadiran artikel ilmiah dapat membandingkan hasil penelitian dengan penelitian sebelumnya dalam bidang yang sama. Hal ini dapat membantu ilmuwan atau akademisi dalam mengidentifikasi tren, perubahan, bahkan perbedaan dalam pemahaman ilmiah mengenai suatu topik.

4. Mengembangkan Argumentasi Ilmiah

Artikel karya ilmiah memungkinkan penulis untuk mengembangkan argumentasi ilmiah yang kuat berdasarkan bukti empiris, sehingga ini membantu ilmuwan atau akademisi dalam memahami topik yang lebih baik dan memberikan dasar yang kuat untuk pembuatan keputusan atau kebijakan.

5. Sumber Referensi Penelitian Selanjutnya

Artikel karya ilmiah sendiri sering mencantumkan literatur yang relevan, seperti memberikan panduan kepada peneliti lain mengenai sumber-sumber yang dapat digunakan untuk penelitian lebih lanjut dalam topik yang sama atau berkaitan.

 

Struktur Karya Ilmiah

Artikel karya ilmiah memiliki struktur isi yang terbilang sangat akademis. Sebab, jenis artikel ini akan dimuat di dalam jurnal yang bisa bersumber dari hasil penelitian sebelumnya. Di bawah ini adalah struktur penulisan artikel karya ilmiah yang harus Anda ketahui.

  • Judul. Dalam judul artikel tidak harus sama dengan judul laporan penelitian. Serta, dibagian bawah judul dicantumkan nama penulis dengan gelar dan lembaga tempat bertugas. 
  • Abstrak. Anda perlu membuat abstrak yang memuat inti permasalahan atau tujuan, cara penelitian, hasil, dan kesimpulan. Anda bisa menulis menggunakan bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Serta di bagian akhir abstrak Anda perlu menulis kata-kata kunci (keyword) yang relevan.
  • Pendahuluan. Struktur ini berisi latar belakang masalah (mengapa permasalahan tersebut harus diteliti, perumusan masalah, tinjauan pustaka, landasan teori, dan keterangan terkait dengan tulisan. Rujukan ditunjukkan dengan menuliskan nama penulis dan tahun penerbitan buku.
  • Metode Penelitian. Ini mencakup bagaimana menguraikan cara pelaksanaan penelitian yang mencakup subjek penelitian, populasi & sampel, pengumpulan data, dan teknik analisis data.
  • Hasil Penelitian. Salah satu struktur artikel karya ilmiah berupa uraian hasil yang diperoleh kemudian diberi penjelasan ilmiah berdasarkan rujukan tertentu, sehingga masalah yang dikemukakan dapat dipecahkan. Hasil penelitian juga dapat dibandingkan dengan hasil penelitian yang relevan.
  • Kesimpulan. Bagian ini berisi pernyataan singkat mengenai hasil penelitian yang diperoleh sesuai dengan rumusan permasalahan. 
  • Daftar Pustaka. Merupakan bagian akhir dari artikel karya ilmiah yang mana penulis harus mencantumkan sumber yang digunakan dalam artikel. Hal ini sangat penting untuk memberikan penghargaan kepada penelitian terdahulu dan memberikan referensi ke pembaca yang ingin mengetahui lebih dalam terkait topik permasalahan.

 

Demikian ulasan kami mengenai artikel karya ilmiah mulai dari definisi, fungsi dan strukturnya yang harus Anda ketahui. Temukan juga layanan terbaik kami, yang fokus membantu anda dalam penulisan karya tulis ilmiah, Lihat detail harga Jasa Pembuatan Karya Ilmiah.

 

artikel karya ilmiah

Bagikan artikel :

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Lainnya

jasa pembuatan dan publikasi jurnal

bisanugas@gmail.com