Bisanugas

Cara mudah mencari jurnal di sinta

mencari jurnal di SINTA

Daftar Isi

Bagi mahasiswa semester akhir, tentu sering mencari referensi untuk membuat jurnal atau penelitian. Bagi Anda yang mencari referensi penelitian baiknya Jurnal SINTA adalah sumber yang cocok dan efisien. Sebab cara mencari jurnal di Sinta terbilang cukup mudah, sehingga tidak memakan banyak waktu. Tapi tunggu dulu apakah jurnal yang anda dapatkan relevan dengan bahan referensi anda ? 

Baiklah..! sebelum kami menawarkan jasa pencarian jurnal kita bahas dulu tips mencari jurnal di sinta .

Apa Itu Jurnal Sinta?

Science and Technology Index atau lebih dikenal sebagai Sinta merupakan sebuah laman ilmiah daring yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek.

Selain itu, Sinta juga seringkali disebut sebagai database atau pusat data jurnal internasional yang telah terakreditasi. Hal inilah yang membuat Sinta sering menjadi pilihan para mahasiswa untuk mencari referensi. Terlebih Sinta memiliki kualitas yang telah diakui Kemendikbud Ristek.

Jurnal-jurnal yang berada di situs ini, jelas layak untuk dijadikan sebagai referensi. Menariknya lagi, jurnal ini juga menyediakan berbagai jenjang mulai dari S1-S6. Sehingga mahasiswa bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan penelitiannya.

Fitur di Laman Sinta

Sebelum mengetahui cara mencari jurnal di Sinta, Anda harus mengetahui fitur yang terdapat di situs ini. Hal ini bertujuan agar Anda tidak kesulitan saat mengakses Sinta. Berikut beberapa fitur yang terdapat di laman Sinta, yakni:

Citation

Pada fitur citation terdapat informasi mengenai posisi h-index dalam kurun waktu 1 tahun terakhir di google scholar hingga dan scopus. Hal inilah yang menyebabkan h-index di kedua database akan termuat di reputasi jurnal Sinta.

Networking

Fitur networking memberikan informasi tentang semua pihak yang pernah bekerja sama di Sinta sebagai penulis. Dengan demikian maka mahasiswa bisa mengetahui jurnal yang lebih berkualitas. Sebab penulis dari laman ini bisa diketahui oleh banyak orang.

Research Output

Setelah mencari jurnal di laman ini, otomatis Anda akan menjumpai fitur research output. Sebab fitur ini menampilkan semua luaran atau output yang telah dihasilkan, baik berupa publikasi jurnal, buku ilmiah maupun bentuk lainnya.

Score

Fitur yang satu ini dapat digunakan untuk menghitung skor yang diperoleh penulis. Selain itu, fitur ini juga dpat dijadikan sebagai alat evaluasi kinerja dan mutu publikasi ilmiah. Secara sederhana, fitur ini menunjukkan keaktifan penulis dalam melakukan penelitian dan pengabdian.

Keuntungan Menggunakan Sinta

Selain memiliki banyak fitur utama, Sinta juga memiliki beberapa manfaat yang menguntungkan. Hal inilah yang menyebabkan Sinta sering digunakan oleh mahasiswa dan juga dosen. Berikut beberapa keuntungan menggunakan Sinta, yakni:

Dapat Menerbitkan Karya Ilmiah dengan Mudah

Setelah melakukan penelitian yang panjang, otomatis banyak orang yang kebingungan saat proses publikasi. Sebab publikasi atau menerbitkan penelitian dalam bentuk buku memerlukan waktu yang cukup panjang.

Kehadiran Sinta dapat mempermudah Anda ketika akan menerbitkan karya ilmiah. Terlebih Sinta bisa dijangkau oleh semua orang dan sudah terhubung dengan Google. Menariknya, proses publikasi atau penerbitan karya ilmiah melalui Sinta cukup dilakukan secara online saja.

Berguna Sebagai Acuan dalam Menilai Kualitas Jurnal

Selain mengetahui cara mencari jurnal di Sinta, para mahasiswa pasti akan mencari referensi yang berkualitas. Oleh karena itu, jurnal Sinta dapat bermanfaat dalam menilai kualitas jurnal sebab telah terhubung dengan Google scholar.

Apabila telah mengetahui kualitas dari suatu jurnal, mahasiswa bisa membuat karya ilmiah yang bagus. Hal ini tentu bermanfaat bagi mahasiswa semester akhir yang kesulitan dalam mencari sumber referensi.

Berikut cara Mencari Jurnal ter-Index SINTA 

Setelah mengetahui fitur yang tersedia di laman Sinta, Anda juga harus mengetahui cara mendapatkan jurnal nasional terakreditasi sebagai bahan referensi. Sebab jurnal yang terdapat dijurnal ini memiliki kualitas terbaik.

Berikut cara mencari jurnal di Sinta dengan mudah, yakni:

Buka Laman atau Portal SINTA

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mencari jurnal di SINTA adalah membuka browser di perangkat. Kemudian akses Sinta di browser, baik menggunak laptop atau smartphone. Laman Sinta bisa Anda temukan di https://sinta.kemendikbud.co.id/

Pilih Menu Sources

Setelah berhasil membuka laman Sinta, Anda akan melihat tampilan source di halaman utama. Jika melihat menu ini, pilih menu jurnal. Selanjutnya Anda bisa mencari jurnal pada kolom pencarian. Pilih jurnal yang sesuai dengan kebutuhan, agar tugas mendapat nilai maksimal.

Download Jurnal

Apabila telah berhasil memilih jurnal yang dibutuhkan, Anda dapat mendownloadnya melalui menu situs web. Sebelum mendownload jurnal, biasanya website tersebut akan menampilkan isi jurnal secara keseluruhan. Kemudian Anda dapat scroll ke bawah untuk mengunduh file.

Cara mencari jurnal di Sinta di atas dapat Anda terapkan ketika akan mencari referensi untuk membuat karya ilmiah. Namun, jika memiliki kesibukan yang membuat Anda tidak bisa membuat karya ilmiah gunakan jasa pembuatan karya ilmiah.

Akan tetapi, Anda harus menggunakan jasa yang berkualitas seperti layanan bisanugas.com. Jasa kami menyediakan layanan pengerjaan tugas mulai dari karya tulis ilmiah, essay dan masih banyak lagi. Menariknya lagi, privasi Anda cukup terjaga jika menggunakan jasa kami.

 

Kami juga memberikan jasa mencari jurnal di sinta atau jurnal nasional dan review untuk kebutuhan tugas akademis anda , Konsultasikan kepada kami :

mencari jurnal di sinta

 

Lihat juga harga jasa kami yaitu “jasa pencariaan jurnal nasional maupun internasional”.

mencari jurnal di sinta

Mungkin anda juga butuh tugas lain selain mencari jurnal di sinta , kami bisanugas juga banyak memberikan jasa tentang akademik lainnya  dengan harga yang sangat terjangkau |list Harga Bisanugas


Lihat juga Jasa Lainnya :  pembuatan dan publikasi jurnal | Jasa pencarian jurnal | Jasa pembuatan jurnal | Publish Jurnal

Bagikan artikel :

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Lainnya

jasa pembuatan dan publikasi jurnal

bisanugas@gmail.com