Bisanugas

Cara Mencari Jurnal referensi penelitian

cara mencari jurnal

Daftar Isi

Cara mencari jurnal mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalangan peneliti atau dunia akademik. Sebab sudah banyak mahasiswa ataupun peneliti yang mencari situs terpercaya untuk mendapatkan jurnal yang berkualitas sebagai bahan referensi penelitian.

Mencari jurnal adalah langkah penting dalam melakukan penelitian atau mengumpulkan informasi ilmiah tentang topik yang diteliti.

bisanugas konsultasi

Fungsi Mencari Jurnal

Mencari jurnal sebagai referensi dalam penelitian atau karya ilmiah memiliki beberapa fungsi penting diantaranya :

  1. Mendukung Argumen dan Klaim: Jurnal ilmiah memberikan bukti empiris dan informasi yang dapat mendukung argumen dan klaim yang Anda buat dalam penelitian atau karya ilmiah Anda.
  2. Menyediakan Landasan Teori: Jurnal ilmiah seringkali berisi tinjauan pustaka dan teori yang relevan dengan topik penelitian Anda.
  3. Mengidentifikasi Kerentanan Penelitian: Melalui referensi jurnal, Anda dapat mengidentifikasi area-area yang telah diteliti sebelumnya dan mungkin masih memiliki kerentanan atau celah dalam penelitian yang dapat Anda eksplorasi lebih lanjut.
  4. Memperkaya Penelitian dengan Temuan Lain: Referensi jurnal juga dapat digunakan untuk memperkaya penelitian Anda dengan temuan-temuan lain yang relevan dengan topik Anda.
  5. Memperkuat Metode Penelitian: Jurnal ilmiah seringkali merinci metode penelitian yang digunakan dalam penelitian mereka.
  6. Meningkatkan Kredibilitas: Menggunakan referensi jurnal yang diakui dan terpercaya dapat meningkatkan kredibilitas penelitian atau karya ilmiah Anda.
  7. Memenuhi Tuntutan Akademik: Dalam banyak kasus, tuntutan akademik atau pedoman penulisan seperti APA, MLA, atau Chicago Style mengharuskan Anda untuk menyertakan referensi jurnal sebagai bagian dari daftar referensi atau kutipan dalam teks.
  8. Berkontribusi pada Pengetahuan Ilmiah: Dengan menggunakan referensi jurnal, Anda juga berkontribusi pada pengetahuan ilmiah yang ada.

Mencari dan menggunakan jurnal sebagai referensi adalah langkah penting dalam membuat karya ilmiah yang kokoh dan terinformasi.

Situs Pencari Jurnal yang paling populer dikalangan peneliti

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa situs terpercaya jauh lebih kredibel. Sebab proses penerbitan jurnal melewati proses yang panjang, sehingga kualitasnya tidak diragukan lagi. Berikut rekomendasi situs pencarian jurnal yang dan banyak , yakni:

Cara mencari jurnal ilmiah & 6 situs yang direkomendasikan

1. Google Scholar

Cara mencari jurnal di google scholar terbilang cukup mudah. Sebab Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci pada kolom pencarian. Apabila kata kunci telah diketik, maka mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci.

Selain itu, google scholar menyediakan berbagai macam referensi ilmiah dan literatur pendidikan yang berkualitas. Sehingga tidak heran jika banyak mahasiswa yang menggunakan google Scholar untuk mencari sumber referensi. Terlebih jurnal yang tersedia di Google Scholar cukup beragam.

2. Perpusnas

Selain google scholar, pemerintah juga memiliki situs perpusnas yang menyediakan berbagai macam jurnal. Situs perpusnas merupakan sebuah situs yang disewa oleh pemerintah Indonesia. Melalui situs ini, Anda bisa mencari berbagai macam jurnal sesuai dengan bidang yang dipelajari.

Menariknya lagi, jurnal yang tersedia di situs ini juga gratis. Selain itu, cara mencari jurnal di situs perpusnas jiga terbilang cukup mudah. Sebab Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci pada kolom pencarian. Namun sebelum mencari jurnal, Anda harus mendaftarkan diri sebagai anggota.

3. Research Gate

Apabila Anda mencari jurnal di mesin pencarian google umum, maka akan ada pilihan jurnal yang berasal dari research gate. Situs ini merupakan platform bagi para peneliti, sebab didalamnya terdapat forum diskusi. Meskipun demikian, Anda tetap bisa mencari jurnal di situs ini untuk dijadikan sebagai referensi.

Selain itu, akses jurnal di research gate tidak terlalu terbuka. Namun, tampilan website nya lebih ringan dan mudah untuk digunakan. Jurnal yang tersedia di research gate juga gratis. Akan tetapi beberapa jurnal membutuhkan izin dari pemiliknya jika akan digunakan.

4. Situs Academia.edu

Cara mencari jurnal di situs Academia.edu tidaklah sulit, sebab Anda hanya perlu mengunjungi situs resmi dari website ini. Menariknya, situs ini sudah cukup populer di kalangan akademisi seperti mahasiswa, dosen hingga peneliti.

Melalui situs ini, Anda bisa mengikuti akun-akun yang memiliki bidang yang sama. Selain itu, jurnal yang tersedia di situs ini juga bagus dan berkualitas. Untuk mendownload jurnal yang tersedia di Academia.edu, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu atau login.

5. Garuda

Situs website yang satu ini merupakan platform jurnal yang dikembangkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Menariknya, cara mencari jurnal di situs ini terbilang cukup mudah, sebab Anda bisa mengunjungi situs resmi dari garuda.

Pada situs ini, tersedia banyak jurnal yang bisa diakses secara gratis. Saat ini tersedia kurang lebih 5.000 jurnal yang bisa dipilih sesuai dengan bidang. Alasan inilah yang menyebabkan banyak mahasiswa sering menggunakan id.portalgaruda.org untuk menghasilkan jurnal yang berkualitas.

6. Doaj.org/directory

Apabila Anda mencari situs penyedia jurnal berkualitas, Doaj.org/directory dapat dijadikan sebagai pilihan yang tepat. Sebab situs ini menyediakan berbagai macam jurnal yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan. Selain itu, jurnal di Doaj.org/directory juga dapat diakses secara gratis.

Menariknya lagi, cara mencari jurnal di situs ini terbilang cukup mudah. Sehingga tidak heran jika banyak mahasiswa yang mencari referensi jurnal dari situs ini. Selain itu, situs Doaj.org/directory memiliki lebih dari 20.000 jurnal.

Dari situs -situs yang Kami sebutkan itu semua memiliki indexing jurnal yang berbeda-beda tetapi untuk cara mencari jurnal secara umum sama saja, karena pada dasarnya cara mencari jurnal adalah menulis keyword atau kata kunci di pencarian jika sudah menemukan artikel yang relevan dengan penelitian Anda maka tinggal download saja. Namun sebagai masalah adalah ada beberapa artikel ilmiah yang tidak bisa didownload begitu saja dan membutuhkan sebuah trik atau langganan secara resmi.

Jasa Pencarian Jurnal Sebagai Bahan Referensi

Apabila Anda tidak memiliki waktu untuk mencari jurnal ilmiah sebagai referensi penelitian Anda, sekarang sudah ada layanan yang menyediakan jasa pencarian jurnal dan juga banyak situs yang memberikan informasi cara mencari jurnal. Salah satu jasa yang menyediakan layanan pencarian jurnal adalah bisanugas.com. Jasa Kami seringkali digunakan oleh banyak mahaiswa yang sedang mencari sumber refernsi untuk penelitiannya.

Layanan yang Kami sediakan juga beragam mulai dari pembuatan jurnal, review jurnal, publikasi jurnal dan lain sebagainya. Sehingga Anda Bisa memilih layanan yang Kami sediakan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, tarif harga yang Kami tawarkan juga cukup murah sehingga terjangkau untuk semua kalangan.

Proses pemesanan jasa Kami juga terbilang cukup mudah, sebab Anda bisa melakukannya secara online. Selain itu, terdapat beberapa fasilitas menarik yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan jasa Kami. Alasan inilah yang menyebabkan banyak mahasiswa selalu puas dengan jasa Kami.

bisa nugas

Harga Jasa Pencarian Jurnal


Jurnal Nasional

Rp. 8.000 / File

Jurnal Internasional

Rp. 12.000 / File

Jurnal Internasional bereputasi

Rp. 15.000 / File

Berbagai informasi Cara mencari jurnal di atas dapat Anda pelajari dengan baik. Hal ini bertujuan agar Anda bisa memahami cara mencari jurnal ilmiah dan fungsinya. Namun jika Anda memiliki kesibukan yang cukup padat, bisa menggunakan layanan yang Kami sediakan. Anda juga dapat berkonsultasi dengan Kami secara Gratis.


Lihat layanan lainnya : Jasa Pembuatan Jurnal | Jasa Publikasi Jurnal | Jasa Review Jurnal | Jasa Pembuatan essay | Jasa pembuatan makalah dan karya ilmiah

Bagikan artikel :

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Lainnya

jasa pembuatan dan publikasi jurnal

bisanugas@gmail.com