Bisanugas

Cara mencari jurnal internasional yang relevan

cara mencari jurnal internasional

Daftar Isi

Sebelum membahas cara mencari jurnal internasional baiknya, harus tahu dulu kalau jurnal internasional adalah publikasi ilmiah yang berisi artikel-artikel penelitian yang telah melewati proses peer review dan ditujukan untuk dibaca oleh komunitas ilmiah internasional. Jurnal ini merupakan saluran utama bagi para peneliti untuk menyebarkan hasil penelitian mereka kepada rekan-rekan sejawat, ilmuwan, dan profesional di seluruh dunia.

bisanugas konsultasi

Istilah-istilah yang Digunakan dalam Jurnal Internasional

Saat Anda ingin tahu cara mencari jurnal internasional baiknya juga paham tentang istilah-istilah yang sering Anda temui pada saat mencari artikel ilmiah di lingkup internasional, berikut ini adalah daftar istilah yang sering anda temukan :

  1. Abstrak: Ringkasan singkat dari artikel penelitian yang mencakup tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan.
  2. Metodologi: Bagian dari artikel yang menjelaskan cara penelitian dilakukan, termasuk alat, sampel, dan analisis data.
  3. Hasil: Bagian yang menjelaskan temuan utama penelitian, seringkali disertai dengan grafik, tabel, atau diagram.
  4. Diskusi: Bagian yang menjelaskan interpretasi hasil, implikasi, dan hubungannya dengan penelitian sebelumnya.
  5. Kesimpulan: Ringkasan singkat dari temuan dan implikasi yang paling penting.
  6. Daftar Pustaka: Daftar referensi yang digunakan dalam penelitian.
  7. Peer Review: Proses penilaian oleh para ahli independen dalam bidang yang relevan untuk memastikan kualitas penelitian.
  8. DOI (Digital Object Identifier): Nomor unik yang diberikan kepada setiap artikel jurnal untuk memudahkan referensi dan penemuan.
  9. Open Access: Model penerbitan di mana artikel tersedia secara gratis untuk semua orang, tanpa biaya akses.
  10. Impact Factor: Ukuran yang mengindikasikan sejauh mana sebuah jurnal diakui dalam komunitas ilmiah. Semakin tinggi impact factor, semakin berpengaruh jurnal tersebut.
  11. Peer-reviewed Journal: Jurnal yang menerapkan proses peer review sebagai bagian dari standar publikasi mereka.
  12. Editorial Board: Kelompok ahli yang mengelola dan memutuskan artikel mana yang akan diterbitkan dalam jurnal.

Cara Mencari Jurnal Internasional

Untuk melakukan pencarian jurnal internasional, Anda bisa menempuh berbagai alternatif. Alternatif tersebut berkaitan erat dengan topik dasar dari jurnal yang akan Anda cari. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk melakukan pencarian jurnal internasional:

1. Pahami Topik pada Jurnal yang akan dicari

Alternatif pertama yang harus Anda tempuh untuk mencari jurnal internasional yaitu menentukan topik dari karya tersebut. Topik tersebut berkaitan erat dengan penelitian yang telah dilakukan untuk penyusunan jurnal. Pahami kedua topik penelitian untuk kemudahan penyusunan kata kunci.

Kata kunci tersebut berguna sebagai jalan pintas menemukan jurnal internasional sesuai harapan. Anda bisa menempuh alternatif ini dengan menggunakan sejumlah alternatif seperti google. Setelah topik dan inti penelitian diketahui, Anda bisa lanjut ke tahapan berikutnya.

2. Gunakan Kata Kunci Relevan

Setelah memahami topik dan inti penelitian, Anda bisa langsung menentukan kata kunci. Kata kunci yang berkaitan dengan jurnal internasional sesuai keinginan akan mengarahkan Anda pada halaman terkait. Nantinya tersedia beberapa situs yang menawarkan jurnal internasional sesuai kata kunci tadi.

Anda bisa memilih jurnal tersebut dan menjadikannya referensi ataupun bahan mengajar. Cara ini tentu lebih mudah dan menguntungkan jika kata kunci yang digunakan untuk penelusuran jurnal internasional memiliki kaitan cukup erat. Biasanya sejumlah situs memakai kata kunci berdasarkan volume terpadat.

3. Gunakan dan Filter Fitur Pencarian

Cara mencari jurnal internasional bisa memanfaatkan keberadaan mesin pencarian seperti google hingga browser bawaan ponsel. Namun, Anda perlu juga menerapkan sistem filter pada mesin pencarian untuk mendapatkan jurnal internasional yang relevan, berkualitas, dan sesuai keinginan diri sendiri.

Filter pencarian dilakukan dengan mempertimbangkan waktu jurnal tersebut terbit, referensi yang digunakan, dan masih banyak lagi. Dengan menerapkan filter pencarian, Anda bisa menyeleksi beberapa jurnal internasional yang tersedia sehingga hasil penelusuran memberikan kepuasan batin tersendiri.

4. Perhatikan Referensi Jurnal

Setiap jurnal internasional pasti mencantumkan sumber referensi. Sumber referensi tersebut tentu saja berguna untuk memperkuat argumentasi sekaligus penelitian yang digunakan sebelum penulisan jurnal internasional.
Untuk mendapatkan jurnal internasional berkualitas, Anda bisa memperhatikan sumber referensi yang relevan.

Sumber yang relevan membuat Anda bisa mendapatkan jurnal internasional memiliki beberapa keunggulan sehingga bisa dijadikan pedoman mengajar maupun membuat karya ilmiah lainnya.

5. Cek Legalitas Jurnal

Cara mencari jurnal internasional harus dilakukan dengan mengetahui legalitas. Pastikan jurnal internasional yang akan dicari memiliki akses kredibilitas sehingga memberikan banyak manfaat. Hindari memilih jurnal internasional ilegal ataupun hasil plagiarisme. Hal ini lantaran berpengaruh pada kualitas.

Jurnal internasional yang telah legal biasanya memiliki hak cipta kuat. Tidak hanya itu saja, jurnal tersebut biasanya dapat diakses menggunakan sejumlah alternatif. Jurnal internasional yang legalitas biasanya sesuai dengan etika dan prosedur penelitian.

Jasa Pencarian Jurnal Nasional & Internasional

Bagi Anda yang membutuhkan Jasa pencarian jurnal internasional, maka bisa menghubungi Kami. Tersedia berbagai macam layanan dan juga penawaran terkait jurnal internasional yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini keunggulan jasa pencarian jurnal internasional yang Kami sediakan untuk Anda:

1. Pencarian Cermat dan Teliti

Cara mencari jurnal internasional yang Kami terapkan menggunakan beberapa aspek penting. Hal ini membuat jurnal yang Kami cari sudah pasti cermat dan teliti. Kami juga tidak sembarangan mengambil jurnal internasional, melainkan mempertimbangkan legalitas maupun unsur penting lainnya.

Hal tersebut bertujuan agar kegiatan pencarian jurnal untuk memenuhi permintaan pelanggan sesuai harapan pemesanan. Pencarian jurnal internasional yang Kami lakukan, sejumlah perpustakaan online resmi. Bahkan jurnal yang Kami cari sudah pasti relevan sehingga pemanfaatan maksimal.

2. Menyediakan Daftar Jurnal

Setelah mengetahui beberapa refresh jurnal internasional yang akan Kami berikan, Anda berhak melihat daftar tersedia. Sebelum itu, Kami sudah menyediakan daftar jurnal dari pencarian yang telah dilakukan. Dari daftar tersebut, Anda bisa memilih jurnal internasional sesuai dengan keinginan.

Cara pencarian jurnal internasional yang Kami terapkan sangat selektif sehingga bisa menemukan dalam jumlah banyak meskipun waktu singkat. Hal ini membuat Anda bisa mendapatkan jurnal internasional berkualitas unggulan dengan harga terjangkau namun harga tetap ramah di kantong semua orang.

3. Informasi Jurnal Jelas

Setelah menyerahkan daftar jurnal internasional kepada Anda, Kami juga turut menyertakan sejumlah informasi mengenai karya tersebut. Informasi tersebut mengenai penulis jurnal, tahun publikasi, referensi dan masih banyak lagi.

Informasi ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam menjadikan jurnal internasional tersebut sebagai referensi dalam melakukan tindakan penelitian. Bahkan jika diperlukan, Anda bisa menghubungi penulis jurnal internasional tersebut untuk meminta izin terkait penggunaan sebagai bahan referensi.

4. Jumlah Jurnal Internasional

Anda bisa meminta Kami untuk melakukan pencarian jurnal internasional dalam jumlah banyak sekaligus. Hal ini memudahkan Anda untuk mewujudkan referensi jurnal internasional sesuai keinginan hati. Jumlah pencarian yang Kami tawarkan tidak terbatas.

Bahkan setelah Anda menentukan jumlah jurnal internasional yang ingin dicarikan, Kami akan mengemas dalam format data mudah dipahami. Format yang Kami sajikan sudah pasti mudah dan ringkas sehingga bisa diterima oleh semua orang.

bisa nugas

Cara mencari jurnal internasional bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa langkah di atas. Jika ingin cepat, Anda bisa menggunakan jasa Kami untuk mencari jurnal internasional berkualitas. Kami siap melayani seluruh permintaan terkait pencarian jurnal internasional dengan berbagai topik.

Bagikan artikel :

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Lainnya

jasa pembuatan dan publikasi jurnal

bisanugas@gmail.com