Bisanugas

Poin-Poin Wajib dalam Presentasi Skripsi

Poin wajib dalam sidang skripsi

Daftar Isi

Halo Sobat Skripsi! Apa kabar naskah skripsimu? Kayaknya sudah waktunya kita ngobrol soal yang satu ini, ya. Yup, kamu nggak salah dengar. Kita akan bicara tentang presentasi sidang skripsi yang mendebarkan jantung ini. Tau kan, momen sidek (baca: sidang skripsi) itu penting banget dalam petualangan akademis kita. Kenapa? Karena ini adalah titik di mana kita mempertanggungjawabkan semua kerja keras yang sudah kita lakukan selama ini.

Tapi tenang, nggak usah panik. Karena di artikel ini, kita bakalan bahas bersama Poin-Poin Wajib dalam Presentasi Skripsi, Tesis & Disertasi. Mulai dari pendahuluan yang bikin dosen penguji terpukau, sampai ke penutup yang membuat mereka bertepuk tangan. Yeay!

 

Poin Wajib dalam Presentasi Skripsi tesis disertasi

 

Memahami Sidang Skripsi

Nah, sebelum kita melompat ke poin-poin wajib yang harus ada di dalam presentasi skripsimu, yuk kita bahas dulu apa sih itu sidang skripsi itu dan kenapa penting banget? Jadi gini guys, sidang skripsi atau yang sering kita kenal dengan istilah ‘sidek’ itu adalah adegan final dimana kita sebagai peneliti, ditantang untuk mempresentasikan hasil jerih payah kita dalam penelitian skripsi ke hadapan para dosen penguji. Bayangin aja, kayak adegan final di film-film superhero gitu loh!

Dan siapa sih yang tak mau adegannya berakhir manis dan sukses besar? Maka dari itu, kita perlu banget memahami betul-betul apa saja sih yang harus disiapkan dan diomongin di dalam presentasi sidang skripsi. Biar nanti pas hari-H, kita bisa tampil maksimal dan bikin para dosen penguji terkagum-kagum.

Jadi, presentasi sidang skripsi itu penting banget lho, guys. Kenapa? Karena dari situ kita bisa menunjukkan kepada dosen penguji bahwa kita memang layak menyandang gelar sarjana setelah penat lelah menyelesaikan skripsi. Keren kan!

Jangan khawatir, di bagian selanjutnya kita bakal bahas poin-poin yang harus ada dalam presentasi sidang skripsi. Biar nanti kamu bisa tampil pede dan bikin dosen-dosen penguji kamu terpukau.

 

Poin-Poin Wajib Dalam Presentasi Skripsi

Ini adalah momen dimana kita akan membuka kotak pandora yang berisi ‘poin-poin emas’ yang bakal membawa presentasi sidangmu ke level selanjutnya. Gak perlu khawatir atau grogi, asal kamu sudah siap dengan amunisi poin-poin berikut ini, kamu udah on the right track! Oh iya poin ini tidak hanya berlaku untk SKRIPSI saja, tetapi juga berlaku pada Tesis (S2), Disertasi (S3). Pokoknya untuk sidang akhir akademik lah.

Poin 1: Pendahuluan

Pertama dan foremost, kita mulai dengan pendahuluan yang memikat. Ceritain latar belakang masalahmu dengan cara yang bisa bikin dosen penguji langsung klik. Ingat, first impression itu penting, gaes!

Poin 2: Kajian Pustaka

Di sini, kamu bisa tunjukkan bahwa kamu udah melakukan PR dengan mencari tahu apa yang udah ada di dunia ilmiah terkait penelitianmu. Tapi ingat, jangan terlalu panjang dan membosankan ya. Keep it interesting!

Poin 3: Metodologi Penelitian

Oke, sekarang kita masuk ke dapur penelitianmu. Jelasin dengan ringkas namun padat metodologi yang kamu pakai. Jangan sampe kamu sendiri yang bingung ya saat menjelaskan.

Poin 4: Pembahasan

Ini nih, bagian yang dikatakan sebagai ‘jantung’ dari presentasi skripsi. Presentasikan hasil penelitianmu dengan jelas dan tunjukkan bagaimana hasil tersebut menjawab pertanyaan penelitian atau masalah yang kamu angkat di awal.

Poin 5: Penutup

Dan akhirnya, kita sampai di penutup. Selesaikan presentasimu dengan kesimpulan yang memperkuat posisi dan argumentasimu. Jangan lupa, garis bawahi pentingnya penelitianmu untuk dunia ilmiah dan manfaat praktisnya.

Ingat gaes, persiapkan dirimu dengan baik dan latihan adalah kunci. Poin-poin di atas hanyalah kerangka, kamu yang harus mengisinya dengan penelitianmu sendiri. Dengan persiapan yang matang, kamu bisa menghadapi sidang skripsi dengan percaya diri dan hopefully, mencetak gol penyelamat di menit akhir!

So, itu dia poin-poin wajib yang harus ada dalam presentasimu. Semoga bermanfaat dan bikin presentasi sidangmu jadi nggak hanya menawan, tapi juga memukau. Good luck, pejuang skripsi!

 

” Mungkin anda butuh jasa pembuatan Slide PPT untuk sidang Tugas Akhir: Jasa Pembuatan PPT Skripsi

 

Tips untuk Presentasi Sidang Skripsi yang Sukses

Sekarang kita udah paham betul nih apa aja poin-poin wajib yang harus ada dalam presentasi skripsi. Tapi, jangan buru-buru lega dulu, karena ada hal penting lainnya yang perlu kita garap: bagaimana cara menyampaikan semua poin tersebut dengan cara yang efektif dan menarik. Gak mau kan, udah siap semua tapi karena cara penyampaiannya kurang oke, jadi gak maksimal hasilnya? Nah, buat itu, saya punya beberapa tips jitu buat kamu, Sob!

Jaga Kontak Mata

Pertama-tama, jaga kontakt mata dengan dosen penguji. Ini bakal menunjukkan kepercayaan diri kamu dan membuat komunikasi jadi lebih hidup. Gak usah grogi, bayangin aja kamu lagi ngobrol santai dengan mereka.

Gunakan Bahasa Tubuh yang Aktif

Gerakkan tanganmu untuk menekankan poin, atau jalan kecil di tempatmu. Ini membantu mempertahankan energi dan minat audience pada presentasimu.

Variasikan Intonasi Suaramu

Hindari monoton! Variasikan intonasi suara supaya presentasi kamu lebih menarik dan gak bikin dosen penguji ngantuk.

Latihan, Latihan, dan Latihan

Enggak ada yang bisa menggantikan latihan, Sob. Semakin sering kamu latihan, semakin nyaman dan pede kamu saat presentasi nanti. Cobain juga latihan di depan teman atau keluargamu buat dapetin feedback.

Siap dengan Sesi Tanya-Jawab

Sesi tanya-jawab bisa jadi medan perang yang sebenarnya. Siapkan jawaban untuk kemungkinan pertanyaan yang akan diajukan. Semakin siap kamu, semakin sedikit peluang kamu terkecoh.

Tips Terakhir

Terakhir, jangan lupa untuk bernapas. Serius, ini penting! Tarik napas dalam-dalam sebelum memulai, ini akan membantu kamu rileks dan mengurangi ketegangan.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa membuat presentasi sidang skripsimu berjalan lancar dan sukses. Ingat, kesiapan materi dan cara penyampaianmu sama pentingnya. Jadi, jangan sampai salah satu diabaikan. Yuk, berikan yang terbaik dan tunjukkan kepada dosen penguji bahwa kamu layak mendapatkan nilai A. You can do it, Sob!

 

Jasa PPt Skripsi

Bagikan artikel :

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Lainnya

jasa pembuatan dan publikasi jurnal

bisanugas@gmail.com