Bisanugas

Sistem Riset dari Kemdikbudristek: Sinta, Garuda, Arjuna, Anjani, & Rama

Sistem Informasi Riset dari Kemdikbudristek

Daftar Isi

Tahukah anda Akun yang Mendukung Informasi Riset ? Sinta, Garuda, Arjuna, Anjani, & Rama adalah sistem informasi yang dirancang khusus untuk mendukung penelitian di Indonesia. Yuk kenali Sistem-sistem Informasi Riset dari Kemdikbudristek

Sinta (Science and Technology Index)

Sinta (Science and Technology Index) adalah sebuah indeks jurnal ilmiah terakreditasi di Indonesia. Sistem ini dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan merupakan salah satu alat yang sangat penting dalam dunia penelitian di Indonesia.

Tujuan utama dari Sinta adalah membantu peneliti dalam menemukan jurnal yang tepat untuk mempublikasikan penelitiannya. Dengan adanya Sinta, peneliti dapat dengan mudah menemukan jurnal-jurnal yang terakreditasi dan berkualitas tinggi di Indonesia. Indeks ini menyediakan informasi lengkap tentang jurnal-jurnal yang terdaftar di dalamnya, seperti nama jurnal, bidang studi yang tercakup, dan status akreditasi.

Sinta juga terbagi dalam 6 kategori berdasarkan tingkat keakreditasannya, yaitu S1, S2, S3, S4, S5, dan S6. Kategori-kategori ini menunjukkan tingkat prestise dan kualitas dari jurnal-jurnal yang terdaftar di dalamnya. Kategori S1 merupakan kategori tertinggi, menandakan bahwa jurnal tersebut memiliki reputasi yang sangat baik dan diakui secara internasional.

Selain itu, Sinta juga digunakan sebagai alat untuk menilai kinerja peneliti dan perguruan tinggi di Indonesia. Sebagai parameter penilaian, Sinta mengukur jumlah publikasi, jumlah sitiran, dan dampak ilmiah dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dan perguruan tinggi. Data ini menjadi acuan dalam menentukan tingkat kualitas dan prestasi akademik dari peneliti dan lembaga pendidikan di Indonesia.

BisaNugas

Dengan adanya Sinta, para peneliti dapat dengan mudah menemukan jurnal ilmiah yang relevan dengan penelitian mereka, meningkatkan kualitas dan dampak dari penelitian yang mereka lakukan, serta memberikan pengakuan akademik yang adil dan obyektif bagi peneliti dan perguruan tinggi Indonesia.

 

Cek Layanan Kami: Jasa Pembuatan Jurnal Ilmiah 

 

Garuda (Garba Rujukan Nasional)

Garuda adalah portal ilmiah nasional yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di Indonesia. Sebagai platform ilmiah, Garuda bertujuan untuk menyediakan akses mudah bagi para peneliti ke berbagai sumber informasi ilmiah yang penting, seperti jurnal, buku, dan prosiding.

Salah satu fungsi utama dari Garuda adalah membantu peneliti dalam menemukan informasi yang dibutuhkan untuk penelitiannya. Dengan berbagai koleksi sumber informasi ilmiah yang terdapat di dalamnya, Garuda memungkinkan peneliti untuk mengakses artikel-artikel terbaru, buku-buku referensi, dan prosiding dari konferensi-konferensi ilmiah yang relevan.

Selain itu, Garuda juga menyediakan platform untuk publikasi ilmiah terbuka. Para peneliti dapat mempublikasikan hasil penelitian mereka melalui Garuda agar dapat diakses oleh masyarakat luas secara online. Ini membantu dalam meningkatkan visibilitas dan keberlanjutan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Indonesia.

BisaNugas

Dengan adanya Garuda, para peneliti di Indonesia memiliki akses lebih mudah dan luas terhadap sumber informasi ilmiah yang diperlukan untuk mendukung penelitian mereka. Platform ini juga mendukung terbentuknya ekosistem penelitian yang inklusif dan terbuka, serta memperkuat kolaborasi antarpeneliti dalam menghasilkan pengetahuan dan inovasi yang bermanfaat bagi perkembangan ilmiah dan teknologi di Indonesia.

 

Arjuna (Akreditasi Jurnal Nasional)

Arjuna (Akreditasi Jurnal Nasional) merupakan sistem yang digunakan untuk mengakreditasi jurnal ilmiah di Indonesia. Sistem ini dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan tujuan untuk membantu peneliti dalam memilih jurnal-jurnal yang berkualitas untuk publikasi.

Melalui Arjuna, jurnal-jurnal ilmiah di Indonesia dapat mengajukan permohonan akreditasi sebagai bentuk pengakuan terhadap kualitas dan standar penerbitan yang telah dipenuhi. Proses akreditasi tersebut meliputi penilaian berbagai aspek, seperti kebijakan editorial, proses review, prosedur penerbitan, dan kualitas konten ilmiah.

BisaNugas

Dengan adanya Arjuna, peneliti dapat memanfaatkan informasi mengenai jurnal-jurnal yang telah terakreditasi untuk memilih tempat publikasi yang tepat untuk hasil penelitian mereka. Ini membantu meningkatkan kualitas publikasi ilmiah di Indonesia dengan memastikan bahwa jurnal-jurnal yang diakreditasi telah memenuhi standar yang ditetapkan.

Selain itu, Arjuna juga memberikan dorongan bagi jurnal-jurnal ilmiah di Indonesia untuk terus meningkatkan kualitasnya agar dapat bersaing secara global. Dengan demikian, Arjuna berperan penting dalam upaya untuk meningkatkan citra dan reputasi jurnal ilmiah Indonesia di mata dunia akademik, serta dalam meningkatkan dampak dan ruang lingkup penelitian ilmiah di Indonesia.

 

Anjani (Analisis dan Agregasi Data Jurnal Ilmiah)

Anjani (Analisis dan Agregasi Data Jurnal Ilmiah) merupakan sistem yang dikelola oleh Kemendikbudristek untuk menganalisis dan menggabungkan data dari jurnal ilmiah di Indonesia. Tujuan utama dari Anjani adalah membantu peneliti dalam memahami lanskap penelitian di Indonesia dengan menyediakan informasi tentang tren penelitian dan kinerja peneliti.

Dengan menggunakan Anjani, peneliti dapat mengakses data mengenai jumlah publikasi ilmiah, topik penelitian yang sedang tren, tingkat kerjasama antarpeneliti, dan kinerja individual peneliti. Informasi ini dapat membantu peneliti dalam mengevaluasi kontribusi mereka dalam bidang penelitian tertentu, memperoleh wawasan tentang tren dan perkembangan di bidangnya, serta memperluas jaringan kolaborasi.

BisaNugas

Anjani juga memberikan gambaran yang komprehensif tentang kegiatan penelitian yang dilakukan di Indonesia, sehingga dapat menjadi referensi yang berguna bagi para pemangku kepentingan di dunia pendidikan, penelitian, dan inovasi. Dengan demikian, Anjani berperan penting dalam memajukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia dengan memberikan akses dan informasi yang relevan kepada para peneliti serta masyarakat ilmiah secara umum.

 

Rama (Repository Artikel Ilmiah)

Rama (Repository Artikel Ilmiah) adalah sebuah repositori artikel ilmiah yang dikelola oleh Kemendikbudristek. Repositori ini bertujuan untuk menyediakan akses terbuka ke artikel ilmiah yang dihasilkan oleh peneliti di Indonesia.

Dengan adanya Rama, artikel-artikel ilmiah yang dihasilkan oleh peneliti di Indonesia dapat diunggah dan disimpan secara online. Hal ini memungkinkan para peneliti dan masyarakat luas untuk dengan mudah mengakses dan membaca artikel-artikel tersebut secara gratis. Dalam konteks ini, Rama memberikan keuntungan dalam meningkatkan visibilitas dan aksesibilitas terhadap penelitian yang dilakukan di Indonesia.

BisaNugas

Melalui Rama, peneliti dapat mempublikasikan hasil penelitian mereka sehingga lebih banyak orang dapat mengakses, membaca, dan memanfaatkannya. Repositori ini memberikan manfaat tidak hanya bagi masyarakat akademik dan peneliti, tetapi juga bagi masyarakat umum yang tertarik dengan penelitian ilmiah.

Dengan demikian, Rama berperan penting dalam memperluas dan memperkuat ekosistem penelitian di Indonesia, serta meningkatkan kolaborasi antara peneliti melalui aksesibilitas dan visibilitas publikasi ilmiah.

 

 

BisaNugas

 

 

Sistem Informasi Riset dari Kemdikbudristek Yang Terintegrasi

Sinta, Garuda, Arjuna, Anjani, dan Rama merupakan sistem-sistem yang saling terintegrasi dan berperan penting dalam mendukung para peneliti dalam berbagai aspek penelitian.

Sinta adalah Sistem Informasi dan Terbitan Ilmiah Indonesia yang menyediakan informasi mengenai publikasi ilmiah, indeksasi jurnal, dan profil peneliti. Dengan adanya Sinta, para peneliti dapat mengetahui reputasi jurnal, faktor dampak, dan kualitas publikasi ilmiah yang mereka hasilkan.

Garuda merupakan portal pencarian artikel ilmiah yang mengindeks berbagai sumber informasi terpercaya seperti jurnal, repository, dan konferensi ilmiah. Melalui Garuda, peneliti dapat dengan mudah mencari referensi dan literatur penelitian untuk mendukung penelitian mereka.

Arjuna adalah Aplikasi Riset Unggulan Nasional yang memfasilitasi proses evaluasi hasil penelitian, penyaluran dana riset, serta pelaporan Riset Unggulan. Arjuna membantu peneliti dalam mengelola dan melaporkan proyek riset secara efisien dan transparan.

Anjani merupakan sistem Analisis dan Agregasi Data Jurnal Ilmiah yang memberikan informasi mengenai tren penelitian, kinerja peneliti, dan kolaborasi antarpublikasi. Dengan data yang dikumpulkan oleh Anjani, peneliti dapat mengevaluasi kontribusi mereka dalam penelitian serta memperoleh wawasan yang mendalam tentang perkembangan keilmuan.

Rama adalah Repository Artikel Ilmiah yang memberikan akses terbuka ke publikasi penelitian yang dihasilkan oleh peneliti di Indonesia. Repositori ini meningkatkan visibilitas dan aksesibilitas terhadap penelitian yang dilakukan di Indonesia, serta memudahkan kolaborasi antara para peneliti.

Integrasi antara Sinta, Garuda, Arjuna, Anjani, dan Rama memungkinkan para peneliti untuk mendapatkan informasi yang komprehensif, melakukan analisis data yang lebih mendalam, serta mempunyai akses yang mudah terhadap sumber literatur dan publikasi ilmiah. Dengan dukungan dari sistem-sistem ini, peneliti dapat menjalankan penelitian dengan lebih efisien, inovatif, dan terarah, serta memperkuat ekosistem penelitian di Indonesia.

Bagikan artikel :

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Lainnya

jasa pembuatan dan publikasi jurnal

bisanugas@gmail.com