Bisanugas

Memahami, apa itu Jurnal Karya Ilmiah?

Daftar Isi

Dalam dunia akademik, jurnal karya ilmiah merupakan wadah yang penting. Sebab, karya ilmiah berfungsi sebagai sarana untuk memberikan pengetahuan dan hasil penelitian kepada masyarakat.

Pada artikel kali ini dan sebelum kami menwarkan jasa kami , kami terlebih dahulu akan membahas mengenai jurnal karya ilmiah mulai dari pengertian, fungsi, contoh, dan strukturnya yang harus Anda ketahui.

 

Apa Itu Jurnal Karya Ilmiah?

Sebenarnya, jurnal karya ilmiah memiliki banyak definisi dari menurut para ahli. Namun, pada umumnya jurnal karya ilmiah adalah publikasi akademik yang berisi dari hasil penelitian, analisis, dan pemikiran secara mendalam yang memiliki berbagai macam bidang ilmu pengetahuan.

Jurnal karya ilmiah umumnya ditulis oleh para peneliti, ilmuwan, atau akademisi yang sudah melakukan penelitian tertentu dan ingin berbagi temuan mereka dengan masyarakat. Tujuan utama dari penulisan karya ilmiah yang satu ini adalah untuk menyebarkan pengetahuan dan memfasilitasi diskusi ilmiah.

 

Fungsi Karya Ilmiah

Terdapat beberapa fungsi utama dari kegiatan publikasi jurnal karya ilmiah, di antaranya:

  • Sebagai sarana untuk saling berkomunikasi antara orang-orang yang bekerja di dunia akademik.

  • Di beberapa perguruan tinggi, publikasi jurnal karya ilmiah merupakan salah satu persyaratan untuk wisuda.

  • Mempublikasikan hasil penelitian agar bisa dijadikan sebagai literatur untuk penelitian yang akan datang.

  • Dapat menjadi sarana untuk kemampuan menulis rangkuman dari hasil penelitian.

  • Berguna untuk mengangkat citra dari perguruan tinggi.

  • Untuk mahasiswa, jurnal karya ilmiah dapat dijadikan sebagai bukti pernah melakukan penelitian, yang mana mereka bisa mengunggah jurnal ilmiah ke internet.

  • Kehadiran jurnal karya ilmiah memudahkan peneliti selanjutnya untuk mendapatkan data-data tertentu, sehingga mereka tidak perlu membaca hasil penelitian yang masih dalam bentuk buku.

 

Contoh Jurnal Karya Ilmiah

Di bawah ini adalah beberapa contoh jurnal karya ilmiah yang harus Anda ketahui.

Karya Ilmiah Cetak

Jurnal jenis ini pada dasarnya merupakan artikel karya ilmiah yang dipublikasikan dalam bentuk buku atau media cetak lainnya.

Karya Ilmiah Digital

karya ilmiah digital merupakan artikel ilmiah yang diterbitkan melalui internet, sehingga dapat diakses siapapun yang terhubung dengan internet.

Karya Ilmiah Lokal

Jurnal ini adalah artikel ilmiah yang dipublikasikan hanya di lingkup instansi saja. Jadi, tujuan dibuatnya jenis jurnal ini untuk kalangan internal sebuah instansi.

Karya Ilmiah Internasional

Karya ilmiah internasional adalah jurnal yang diterbitkan dalam skala global. Umumnya, bahasa yang digunakan pada jenis jurnal ini adalah bahasa Inggris agar dapat dimengerti oleh masyarakat dari berbagai macam negara.

 

Struktur Jurnal Karya Ilmiah

Berikut ini adalah struktur jurnal karya ilmiah yang harus Anda ketahui.

Judul

Judul merupakan hal terpenting dalam karya tulis ilmiah. Anda bisa membuat judul secara ringkas, namun harus menggambarkan isi penelitian. Elemen di dalam judul berisi mengenai nama penulis, institusi tempat penulis, kontak, dan sub judul.

Abstrak 

Abstrak dalam jurnal karya ilmiah bertujuan untuk memberikan narasi singkat agar menjelaskan isi jurnal. Umumnya abstrak berisi 250 kata yang sudah memuat tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan.

Pendahuluan

Pendahuluan sebuah narasi yang berisi mengenai latar belakang permasalahan yang dikaji di dalam penelitian. Pastikan Anda menuliskan pendahuluan secara padat dan tidak melebar kemana-mana supaya pembaca tidak kebingungan untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada di dalam penelitian yang Anda tulis.

Metodologi

Bagian ini merinci metode yang digunakan dalam penelitian. Ini termasuk desain penelitian, populasi atau sampel, teknik pengumpulan data, instrumen yang digunakan, dan langkah-langkah analisis data. Metodologi harus cukup rinci sehingga penelitian dapat direplikasi oleh orang lain.

Hasil

Hasil tentunya berisi mengenai hasil penelitian secara keseluruhan. Pada bagian ini, penulis dapat mencantumkan tabel atau gambar untuk memperkuat bukti penelitian. 

Pembahasan

Setelah menuliskan hasil, Anda perlu menjelaskan penelitian di bagian pembahasan. Anda perlu membahas penelitian yang sudah dilakukan. Ketika penelitian menghasilkan jawaban yang sesuai dengan hipotesis, maka Anda harus menjelaskan alasannya. 

Sebaliknya, jika penelitian Anda tidak menemukan hasil yang tidak sesuai hipotesis, maka Anda juga harus menjelaskan alasan yang menjadi penyebabnya.

Kesimpulan

Kesimpulan berisi ringkasan keseluruhan dari penelitian mulai dari pendahuluan hingga pembahasan. Kesimpulan juga bisa memuat mengenai saran yang berlandaskan dari hasil penelitian.

 

Konsultasikan bersama tim bisanugas sekarang juga :

 


jurnal karya ilmiah


Lihat list harga jasa pembuatan dan publikasi jurnal dari bisanugas

jurnal karya ilmiah

 

Mungkin anda juga butuh informasi dan biaya: Jasa pembuatan karya ilmiah dan Layanan Jasa Pembuatan Jurnal

Bagikan artikel :

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Lainnya

jasa pembuatan dan publikasi jurnal

bisanugas@gmail.com