Joki Tugas Terbaik Di Indonesia "bisanugas.com"

Tips Menyelesaikan Tugas Akhir

Skripsi,tesis & disertasiĀ  merupakan salah satu pekerjaan yang paling menantang bagi mahasiswa tingkat akhir. Terkadang ketika di awal, kita sebagai mahasiswa tingkat akhir memiliki semangat yang menggebu-gebu untuk mencari judul, menyusun proposal, namun setelah itu kita malah mendapatkan hambatan dari berbagai faktor, baik itu internal atau eksternal. Faktor itu seperti rasa malas pada diri kita atau kita malah menemukan dosen pembimbing yang tidak sesuai harapan. Bahkan semangat kita malah rubuh ketika menghadapi berbagai revisi dari dosen pembimbing.

Bisa saja semangat yang sedang membara bisa rubuh seketika akibat rintangan-rintangan seperti tadi menghadang kita. Namun tak perlu khawatir, pada artikel ini akan dibahas mengenai kiat-kiat atau tips biar gak males ngerjain skripsi. Apa saja? Ini dia tipsnya:

1. Mengingat Tujuan Kuliah.

Ketika semangat kita dalam mengerjakan skripsi mulai turun, cobalah inga tapa tujuan kuliah kita. Dari mulai cita-cita yang akan dicapai setelah lulus sampai menanamkan prinsip pada diri sendiri, bahwa jika malas mengerjakan skripsi, maka satu per satu mimpi kita tidak akan tercapai, atau kesuksesan kita ditunda.

Contohnya: ketika kita memasuki jurusan digital business, kita berangan-angan akan menjadi wirausahawan yang mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman, dan juga kita akan menjadi orang dengan penghasilan besar setiap bulannya dari usaha kita. Lalu ketika kita malas-malasan ngerjain skripsi, malas mengerjakan revision, semua angan-angan itu akan hilang.

2. Cari Media Penghilang Stress

Salah satu hal yang membuat kita malas mengerjakan skripsi adalah adanya beberapa faktor eksternal yang membuat kita stress. Missal stress dengan dosennya, revisinya atau stress sama materi skripsinya yang kekurangan bahan referensi. Terkadang ketika kita berada pada kondisi seperti itu, kita Cuma bisa pasrah tanpa memikirkan jalan keluar. Jika terjadi hal seperti itu tentunya kita harus sesegera mungkin mencari kegiatan yang menghilangkan stress sebagai penghambat mengerjakan skripsi. Supaya stressnya berkurang dan kita bisa segera menuntaskan karya ilmiah yang kita susun.

Contohnya: lakukan hal yang kita senangi, seperti melakukan hobi di sela-sela proses pengerjaan skripsi. Misal, jika kita adalah orang yang senang berolahraga, lakukanlah olahraga di kala kita mulai stress karena skripsi. Kita yang hobi nonton drakor, luangkan waktu untuk menonton drakor setelah stuck mengerjakan skripsi. Setelah ,melakukan hal yang disenangi terus jangan lupa mengerjakan revisi lagi.

3. Temukan Sumber Semangat.

Temukan hal-hal atau orang-orang yang membuat semangat kita terjaga dalam mengerjakan skripsi. Contohnya, seperti keluarga yang selalu mensupport segala kegiatan dan usaha kita, teman atau pacar yang selalu berharap kepada kita, agar kita sukses dan kaya raya.

4. Jangan Menunda dan Cari Teman Sefrekuensi

Kecendrungan untuk menunda-nunda mengerjakan skripsi menjadi salah satu faktor terbesar yang membuat rasa malas dalam diri kita timbul. Hal ini biasanya sering terjadi ketika kita mendapatkan revisi dari dosen. Kebanyakan dari kita malah menunda mengerjakan revisi, sehingga berujung pada rasa malas mengerjakan skripsi

Ketika menunda revisi, biasanya problem yang sering terjadi adalah kita lupa topik apa yang dibahas dan revisi apa yang diminta oleh dosen pembimbing. Sehingga kita malah menjadi tambah malas untuk menuntaskan skripsi. Lalu carilah teman yang sefrekuensi, dalam artian carilah teman yang memiliki semangat besar untuk menuntaskan skrips. Hal ini dapat membantu kita agar tidak menunda-nunda skripsi sampai terbengkalai.

5. Ingat, Sekarang Atau Nanti Skripsi Harus Dituntaskan.

Prinsip penting yang harus ditanamkan pada diri kita adalah bahwa skripsi itu harus selesai. Mendiamkan skripsi, menunda revisi atau malas bertemu dosen pembimbing tidak akan merubah apapun, apalagi membuat skripsi kita selesai. Sebab, menunda skripsi sama dengan menunda resepsi